Return to site

Pentingnya Mengakses Data Pelanggan Secara Real-Time

Akses data kapan pun untuk lebih siap menjual setiap saat

· Tips Sales,CRM Di Indonesia,CRM

Apapun model bisnis Anda saat ini, mengakses data secara real-time merupakan satu hal yang penting untuk Anda. Karena, Anda tidak akan pernah tahu kapan pelanggan akan menghubungi Anda dan melanjutkan proses. Ketika Anda dapat mengakses data kapan pun, ada kesiapan bagi Anda untuk melayani pelanggan meskipun Anda tidak berada di kantor/di depan komputer.

 

Selain masalah kesiapan Anda kepada pelanggan, berikut adalah hal-hal yang menjadi alasan mengapa penting bagi Anda untuk mengakses data pelanggan setiap saat.

 

1. Memfasilitasi Anda untuk menciptakan strategi

Anda yang terlalu sibuk untuk melayani pelanggan dan harus meeting dengan prospek di tempat yang berbeda membuat Anda kehilangan banyak waktu untuk memikirkan strategi. Dengan adanya platform yang dapat membantu mengakses data setiap saat akan memudahkan Anda untuk membuat strategi ketika memiliki waktu luang. Seperti saat perjalanan menuju tempat prospek, Anda dapat melihat data-data pelanggan melalui smartphone untuk melihat informasi dari prospek tersebut dan lain sebagainya. Saat itu pula Anda dapat memikirkan strategi dan solusi yang paling tepat untuk prospek agar dapat menciptakan penjualan.

 

2. Sebagai alat untuk mengambil keputusan

Anda pasti sering merasa ragu untuk mengambil keputusan apakah akan melanjutkan proses negosiasi dengan prospek atau harus dihentikan. Sayangnya, jika Anda terus mempertahankan keraguan tersebut hanya akan membawa Anda pada pekerjaan yang tidak bisa selesai. Kurang tegas dalam menghadapi pelanggan menjadi boomerang untuk produktivitas Anda sendiri. Dengan platform yang membantu Anda mengakses data setiap saat akan membuat Anda lebih mudah dalam menutup proses. Anda tidak harus selalu menunggu prospek jika riwayat data pelanggan tersebut menunjukkan tidak memiliki komitmen yang jelas dari awal proses.

 

3. Data pelanggan adalah aset tak ternilai untuk Anda

Selain untuk memudahkan Anda dalam bekerja, kumpulan data yang Anda simpan pada platform menjadi aset tak ternilai untuk Anda. Dengan adanya laporan akses terakhir dari tim lain, Anda tidak perlu mencari-cari penyebab kehilangan data karena dengan auto backup pada platform menjadi solusi yang paling tepat untuk mengembalikan data terakhir sebelum insiden kehilangan data terjadi.

 

Platform apa yang bisa melakukan hal tersebut?

Ada banyak platform yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan data pelanggan. Tetapi tidak semua platform yang digunakan tersebut memiliki kemampuan analisa dan penyimpanan riwayat pembelian pelanggan. Platform yang paling tepat untuk Anda dalam menyimpan data pelanggan adalah pada platform Customer Relationship Management (CRM) berbasis cloud.

Mengapa harus CRM berbasis cloud bukan CRM tradisional atau on-premise? Teknologi cloud memudahkan Anda menyimpan data sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang lebih ringan. Tak hanya itu saja, CRM berbasis cloud dilengkapi dengan auto backup dan dapat diakses kapan pun secara real-time. Anda dapat memasang platform melalui desktop/laptop, smartphone maupun tablet seluruh team dengan pengguna yang berbeda-beda.

 

Sehingga siapa pun yang ingin mengubah data dapat mengubahnya saat itu juga tanpa harus menunggu kembali ke kantor. Ingin tahu lebih banyak tentang CRM berbasis cloud? Anda dapat mengunjungi halaman fitur CRM kami atau dengan mengirimkan email pertanyaan ke hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK