Return to site

Langkah Untuk Mempercepat Mendapatkan Prospek Berkualitas

Perbanyak prospek berkualitas untuk penjualan yang lebih baik

· Tips Sales

Mendapatkan banyak prospek itu memang mudah, tapi apakah mereka termasuk prospek berkualitas? Jawabannya tentu tidak. Karena untuk mendapatkan prospek berkualitas biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan prospek biasa atau yang tidak berkualitas sama sekali. Lalu bagaimana cara mempercepat proses dalam mendapatkan prospek berkualitas? Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan!

 

1. Jangan memulai jika Anda tidak dapat melayani dengan baik

Penting bagi Anda untuk belajar memberikan komitmen kepada prospek-prospek Anda. Jika Anda ingin menemukan prospek berkualitas, maka Anda harus bisa mengawalinya dengan melayani. Komitmen pelayanan Anda dari awal akan membangun kepercayaan prospek berkualitas, jadi jangan pernah memulai jika Anda tidak dapat memberikan layanan kepada prospek Anda.

 

2. Kembangkan pengalaman baik selama prosesnya dan konsisten dengan hal tersebut

Sebelum prospek berkualitas membicarakan komitmen dengan Anda, mereka tentu akan melihat proses awal dengan Anda. Jika Anda mampu membangun atau mengembangkan pengalaman baik dengan prospek, mereka akan semakin mendekati Anda. Tidak ada prospek berkualitas yang mencari pelayanan tidak konsisten dengan pengalaman yang tidak konsisten pula. Oleh karena itu, kembangkan dan tetap konsisten dalam melayani mereka.

 

3. Menggunakan berbagai metode untuk menjangkau prospek

Semua prospek memiliki kesibukan sendiri-sendiri. Anda harus bisa menjangkau mereka dengan cara yang paling tepat. Jika prospek Anda lebih cepat membalas email, itu artinya email menjadi cara yang efektif untuk menjangkau mereka. Sesekali Anda dapat melakukan panggilan untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci. Ingat waktu, jangan pernah mengganggu prospek dengan berusaha menghubungi mereka berulang-ulang dalam satu hari.

 

4. Mendedikasikan waktu untuk prospek

Masih berhubungan dengan poin #2 dan poin #3, Anda harus bisa mendedikasikan waktu Anda untuk mereka yang memiliki potensi. Berikan waktu Anda kapan pun yang mereka inginkan selama itu tidak berbenturan dengan jadwal lainnya. Apabila ada, mintalah mereka untuk membuat jadwal ulang agar Anda dapat melayani mereka dengan baik. Apabila Anda memiliki jadwal baru dari prospek, pastikan Anda dapat membuat jadwal yang baik dengan prospek lain.

 

5. Fokus pada prospek bukan tentang Anda

Ketika Anda sudah mendapatkan kepercayaan dari prospek, Anda harus mempedulikan semua hal tentang prospek. Kesampingkan kepentingan Anda untuk melakukan penjualan. Karena solusi untuk prospek adalah yang harus Anda utamakan. Jika Anda sudah memiliki daftar masalah dari prospek, Anda dapat membuat solusi yang tepat untuk mereka. Secara sederhana, fokuskan untuk membantu pelanggan bukan untuk menjual.

 

6. Perbanyak bertanya dan memastikan Anda paham

Bertanya menjadi kunci komunikasi dan dapat memberikan gambaran tentang masalah yang dihadapi oleh prospek. Semakin banyak jawaban dari prospek akan lebih mudah bagi Anda untuk menjalankan poin #5. Membuat rangkuman hasil pembicaraan di akhir meeting untuk memastikan bahwa Anda paham atas masalah-masalah yang dihadapi oleh prospek.

 

Itulah 6 cara untuk mempercepat proses dalam mendapatkan prospek berkualitas. Tingkatkan kualitas data Anda dengan memanfaatkan software CRM berbasis cloud agar lebih mudah dalam memilih atau menyaring prospek-prospek Anda. Software CRM yang dilengkapi dengan sistem analisa akan membantu Anda mengkategorikan prospek-prospek dan menentukan mana yang harus Anda prioritaskan.

Ilustrasi (c) Pixabay.com