Return to site

Terjebak Pemberian Diskon? Hentikan Dengan Cara Ini!

Menghentikan ketergantungan pelanggan terhadap diskon

· Tips Sales

Anda sudah terlanjur memberikan diskon kepada pelanggan dan pelanggan-pelanggan menjadi ketagihan untuk mencari harga diskon dari produk Anda? Jika Anda berada pada posisi ini, tentu akan menjadi hal yang sangat sulit untuk mengubah cara pikir pelanggan Anda tersebut. Karena, kebanyakan pelanggan yang sudah mendapatkan harga diskon enggan untuk membayar dengan harga lebih untuk produk yang sama.

Sedangkan bagi Anda, pelanggan seperti ini hanya akan mengurangi keuntungan perusahaan. Anda pun harus berjuang lebih keras untuk bisa mengubah pola pelanggan ini dengan membuat keyakinan baru terhadap pelanggan.

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin menghentikan pembelian dengan harga diskon dari pelanggan-pelanggan Anda.

1. Lakukan pembaruan pada produk

Seperti yang kami sebutkan di awal, pelanggan akan sulit menerima produk yang sama dari perusahaan yang sama untuk membayar dengan harga lebih. Oleh karena itu, lupakan keinginan Anda untuk mengubah pola pikir mereka jika tidak ada upaya memperbarui produk dan layanan yang Anda berikan. Sebaliknya, jika Anda mampu membuat pembaruan penting bagi pelanggan, tentu mereka akan lebih mudah menerima produk Anda tersebut meskipun harus membayar dengan harga lebih.

Pembaruan yang Anda berikan kepada mereka dapat menjadi sebuah nilai penting bagi pelanggan yang suka membeli produk diskon. Dari awalnya berpikir hanya sebagai tambal butuh, pembaruan tersebut dapat menjadi kebutuhan bagi mereka.

2. Buatlah produk/layanan Anda sebagai investasi bagi pelanggan

Lakukan pendekatan dengan pelanggan-pelanggan yang suka melakukan pembelian dengan harga diskon dengan menawarkan investasi jangka panjang untuk mereka. Pelanggan sudah pernah mencoba produk Anda dengan harga diskon, cobalah untuk mendekati mereka dan menanyakan apa saja hal-hal yang kurang dari produk Anda. Jika Anda merasa dapat menutupi kekurangan tersebut, lakukanlah! Kabarkan kepada mereka bahwa Anda telah membuat produk sesuai keinginan mereka dan jangan lupa pula untuk menawarkan harga normal kepada pelanggan tersebut.

Selain itu, Anda perlu menjelaskan kepada pelanggan-pelanggan Anda bahwa ketika mereka melakukan pembelian produk, mereka bukan hanya membeli kepada Anda tetapi juga sebagai bentuk investasi. Yakinkan mereka bahwa perusahaan Anda siap membantu agar investasi yang dilakukan akan membawa hasil positif untuk bisnis pelanggan.

3. Melepas pelanggan

Jika Anda sudah memberikan pembaruan dan meyakinkan mereka bahwa produk Anda adalah investasi yang tepat, tetapi tidak berhasil, itu artinya Anda harus mengambil tindakan dengan tegas untuk tidak menjadikan mereka sebagai pelanggan Anda lagi. Sikap seperti ini perlu diambil sebagai bentuk bahwa Anda peduli pada kualitas produk, layanan dan kepuasan pada pelanggan. Jelaskan kepada mereka, jika Anda memberikan harga diskon, Anda tidak mampu membantu apa pun untuk pelanggan. Jika pelanggan ingin menggunakan produk, biarkan mereka membeli. Jika tidak, Anda tidak perlu mengejar mereka. Percayalah, jika nanti mereka merasa bahwa produk/layanan Anda lebih baik, mereka pasti akan kembali melakukan pembelian kepada Anda walaupun harus membayar dengan harga normal.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap mendapat keuntungan lebih dengan tidak memberikan diskon kepada pelanggan? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK