Return to site

Buat Pelanggan Anda Senang Dengan Bantuan CRM

· Tips Sales

Manajemen Hubungan Pelanggan adalah proses penting untuk setiap bisnis, kecil atau besar. Dengan penggunaan software CRM, menjalankan fungsi bisnis menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Tak hanya itu saja, bahkan dengan CRM, banyak bisnis masih berjuang untuk mempertahankan hubungan yang kuat dengan pelanggan mereka.

 

Masalahnya di sini bukan dengan CRM yang mereka gunakan, tetapi bagaimana mereka menggunakannya, dan yang lebih penting, bagaimana mereka tidak menggunakannya. Bagi banyak perusahaan, CRM hanyalah direktori pelanggan dan data mereka.

 

Namun, CRM dirancang untuk melakukan lebih dari sekadar menyimpan data atau interaksi pelanggan. Perusahaan sebenarnya bisa mendapatkan ROI yang bagus jika mereka menggunakan CRM bukan sebagai alat tetapi sebagai strategi bisnis. Dan jika Anda memanfaatkannya dengan cara yang benar, Anda dapat menambahkan nilai lebih ke saluran penjualan Anda dan mendapatkan retensi pelanggan yang lebih baik, produktivitas penjualan, dan bahkan peningkatan penjualan.

 

Merekomendasikan Produk/Layanan Terkait Pembelian Terbaru Mereka Dengan Anda

Gunakan CRM Anda untuk memantau pembelian terbaru yang dilakukan oleh klien Anda yang sudah ada untuk meningkatkan penjualan Anda. Anda dapat mengintegrasikan informasi ini dengan sistem manajemen konten untuk mengirim email pemasaran atau pesan tentang produk dan layanan lain yang mungkin mereka minati.

 

Pantau Permintaan Pelanggan dan Penuhi

Software CRM yang baik dapat membantu Anda memantau dan menganalisis data saat produk atau layanan tertentu diminati. Misalnya, opsi pemberian hadiah cenderung lebih diminati di sekitar liburan meskipun orang-orang membelinya dalam jumlah yang lebih kecil sepanjang tahun.

 

Ingatkan Mereka tentang Janji atau Acara Mendatang

Acara/event yang bagus adalah ketika Anda membawa pelanggan tetap terlibat, meskipun saat mereka tidak bisa menghadirinya. Banyak pelanggan mendaftar untuk acara saat Anda mengirimi mereka email atau SMS. Namun, pada saat peristiwa itu benar-benar terjadi, mungkin mereka tidak bisa hadir. Meskipun demikian, Anda harus tetap mengingatkan mereka tentang acara yang Anda jalankan dalam waktu dekat.

 

Rayakan Hubungan Mereka Dengan Anda

CRM dapat membantu Anda memantau berapa lama pelanggan telah terhubungan dengan perusahaan Anda. Siapkan pencapaian di CRM dan kirimkan promosi atau penawaran untuk merayakan pencapaian ini.