Return to site

Buat Proses Penjualan Anda Lebih Efisien Dengan Cara Ini

Efisiensi dalam proses penjualan dengan CRM

· Tips Sales

Proses penjualan yang sederhana akan selalu menjadi alat yang penting dalam meningkatkan penjualan Anda. Jika perusahaan mengadopsi sistem yang ribet pada proses penjualan, prospek pun akan dengan mudah meninggalkan perusahaan tersebut. Bagi Anda yang masih memiliki proses penjualan yang ribet. Berikut adalah tips-tips untuk mengubah proses penjualan Anda.

 

1. Memaksimalkan waktu untuk penjualan

“Waktu adalah uang” sepenggal pepatah yang sering digunakan oleh orang-orang yang selalu berusaha untuk mencapai kesuksesan. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan, maka Anda harus memaksimalkan waktu dalam proses penjualan Anda. Jika biasanya Anda melakukan meeting dengan prospek memakan waktu 2 jam, Anda dapat mempercepat waktu Anda dengan mengurangi jadwal meeting masing-masing prospek menjadi 1 jam. Dengan demikian Anda dapat memaksimalkan waktu Anda untuk follow up atau meeting dengan prospek lain.

 

2. Membuat penawaran/quotation dengan efektif

Sering kali perusahaan membutuhkan proses administratif yang sangat lambat dalam membuat penawaran. Sales harus mendapatkan persetujuan dari pimpinan atau leader, kemudian mencetak penawaran, scan dan kemudian mengirimkan email. Sehingga prospek harus menunggu 1-2x24 jam untuk mendapatkan quotation baru. Cobalah untuk merubah cara tersebut dengan memanfaatkan CRM. Anda dapat mengirimkan quotation dengan cepat tanpa harus menunggu staf-staf lain dari perusahaan.

 

3. Persetujuan penawaran/quotation yang lebih cepat

Pada poin kedua, kami menyebutkan bahwa langkah administratif tradisional membuat prospek menunggu. Karena tidak ada orang yang suka menunggu proses yang lama, pengiriman quotation dengan CRM dapat menmpercepat proses negosiasi Anda. Setelah prospek meminta harga baru, dan Anda melakukan perubahan data, pimpinan/leader Anda dapat memantau pembaruan data Anda melalui CRM di device yang leader Anda gunakan. Pada saat itu pula leader Anda dapat memutuskan persetujuan penawaran atau ingin mengirimkan penawaran baru.

 

4. Pembaruan laporan yang lebih cepat

Seperti yang kami sebutkan proses administratif perusahaan merupakan penghambat efisiensi proses penjualan tim sales Anda. Yang paling berpengaruh adalah laporan penjualan dari tim sales yang harus dilakukan secara manual. Dengan CRM, proses quotation yang terekam pada sistem akan mengupdate data penjualan dengan sendirinya. Sehingga tim Anda tidak perlu lagi mengupdate data secara manual. Itu artinya tim sales Anda memiliki waktu tambahan yang seharusnya digunakan untuk mengerjakan laporan sebagai waktu menjalankan tugasnya dalam followup atau meeting dengan prospek-prospek lainnya.

Ilustrasi (c) Pexels.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK