Return to site

Yang Perlu Anda Tanyakan Untuk Kualifikasi Prospek

Mencari prospek yang paling sesuai dengan bertanya

· Tips Sales,Tips Marketing

Ketika berbicara tentang prospek, kita pasti akan selalu berpikir bagaimana agar dapat membawa prospek agar dapat melakukan pembelian. Sebelum melangkah lebih jauh untuk mengkonversi prospek menjadi pelanggan, Anda harus bisa mengkualifikasi prospek-prospek Anda terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari prospek-prospek yang tidak memenuhi kriteria perusahaan dan hanya membuat kita menghabiskan waktu.

Oleh sebab itu, Anda harus mengkualifikasi semua prospek dan menyaring mereka dengan mengutamakan prospek-prospek yang memiliki peluang lebih besar untuk menciptakan penjualan. Mulailah dengan bertanya kepada prospek untuk mengetahui seberapa serius keinginan mereka terhadap produk yang Anda tawarkan. Apa saja yang perlu Anda tanyakan? Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan penting yang harus Anda tanyakan kepada prospek untuk mendapatkan prospek yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan.

1. Evaluasi produk/layanan

Sebelum memasuki proses-proses lebih lanjut, ada baiknya Anda bertanya kepada mereka, apakah prospek Anda sudah mengevaluasi produk yang mereka inginkan? Dari satu pertanyaan ini, Anda dapat mengembangkan dengan pertanyaan-pertanyaan lain seperti:

  • Evaluasi produk/layanan yang Anda tawarkan
  • Evaluasi produk/layanan dari kompetitor
  • Apa saja yang dievaluasi dari produk/layanan yang mereka butuhkan

Dengan mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda dapat menjelaskan secara rinci terkait produk Anda dan memastikan bahwa produk/layanan Anda memang sesuai dengan kebutuhan prospek tersebut.

2. Bertanya tentang pekerjaan/yang dikerjakan

Pada kondisi tertentu pertanyaan ini memang tidak berlaku untuk menawarkan produk yang sifatnya bukan kebutuhan corporate. Tetapi, untuk kebutuhan perusahaan, pertanyaan ini sangat perlu diutarakan. Mengapa? Dengan pertanyaan ini Anda dapat memahami apa yang dikerjakan oleh prospek, kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan ia bekerja serta untuk mengetahui apakah prospek Anda merupakan pengambil keputusan atau hanya perantara saja.

Dengan pertanyaan ini pula Anda dapat memahami potensi jangka panjang yang akan Anda dapatkan apabila perusahaan prospek Anda memutuskan untuk menggunakan produk/layanan Anda dan juga untuk melancarkan proses negosiasi harga untuk memahami budget yang dikeluarkan oleh perusahaan.

3. Bertanya tentang pentingnya produk/layanan yang dibutuhkan

Sebelum Anda bertanya lebih jauh tentang kapan prospek Anda akan menggunakan produk/layanan yang Anda tawarkan, coba tanyakan kepada mereka seberapa penting produk/layanan tersebut menurut mereka. Jika Anda mendapatkan jawaban "sangat penting", Anda memiliki peluang penjualan yang lebih cepat dengan prospek tersebut. Jika mengatakan "tidak terlalu penting", Anda harus menciptakan strategi yang tepat untuk menciptakan urgensi kepada prospek dan mengubahnya menjadi penting tanpa harus memaksakan kehendak pribadi Anda.

Ketika Anda berhasil mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda dapat menentukan apakah prospek tersebut termasuk prospek yang sesuai dengan kualifikasi atau prospek yang hanya akan membuang waktu Anda. Dengan demikian Anda dapat bekerja lebih produktif dan dapat memaksimalkan waktu Anda untuk mencari prospek-prospek baru.

Simpanlah data jawaban yang Anda dapatkan pada CRM untuk memudahkan tim sales dan tim marketing untuk melihat hasil kerja Anda. Jika suatu saat prospek tersebut menghubungi perusahaan dan mencari Anda di saat Anda tidak tersedia, rekan satu tim Anda masih dapat meneruskan hasil kerja Anda tanpa harus bergantung atau mengganggu pekerjaan yang sedang Anda kerjakan.

Membutuhkan informasi lebih detail tentang CRM? Silakan hubungi kami melalui email hi@sales1crm.com atau melalui halaman contact us.

Ilustrasi (c) Pexels.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK