Return to site

Budget Marketing Minim, Ini Cara Marketing Yang Murah

Sukses memasarkan produk dengan budget terbatas

Budget Marketing Minim, Ini Cara Marketing Yang Murah

Anda sudah memiliki target market untuk produk/layanan, tapi bingung mau memasarkan produk dengan cara seperti apa? Atau, Anda tidak memiliki budget yang sesuai untuk memasarkan produk? Tenang, Anda masih memiliki cara untuk memasarkan produk Anda dengan budget minim tetapi efeknya cukup besar untuk bisnis Anda.

 

1. Menjadi relawan atau memprakarsa kegiatan sosial

Salah satu cara yang paling efektif untuk memarketing produk/layanan Anda adalah dengan menjadi relawan atau memprakarsa kegiatan sosial. Anda hanya perlu melakukan program-program yang berkaitan dengan kegiatan ini. Untuk menggunakan cara ini, Anda harus benar-benar terbuka dengan semua hasil penjualan yang Anda capai serta keterbukaan dalam mengumumkan dana yang sudah disalurkan. Pelanggan Anda berhak mengetahui laporan terkait program yang Anda jalankan tersebut.

 

2. Tunjukkan bahwa Anda sudah berpengalaman (khusus layanan)

Jika bisnis Anda bergerak pada bidang jasa/layanan, Anda dapat menunjukkan keahlian Anda kepada pelanggan-pelanggan Anda. Jika mereka sudah melihat keahlian Anda dan membuktikan bahwa Anda sudah profesional, pelanggan Anda lah yang akan memasarkan produk Anda. Tanpa mengeluarkan banyak biaya, Anda dapat menjaring pelanggan baru berkat pelanggan Anda tersebut.

 

3. Membangun jaringan

Memiliki jaringan merupakan cara marketing yang sudah kami sebutkan dalam beberapa artikel sebelumnya. Mengapa jaringan itu penting dalam marketing? Semakin banyak koneksi yang Anda miliki, semakin besar pula potensi Anda mendapatkan pelanggan baru dari jaringan tersebut. Kita dapat mengambil contoh bagaimana komunitas menjual merchandise dengan baik untuk anggotanya, karena mereka memiliki banyak jaringan yang memasarkan produk, penjualan yang dicapai pun cukup positif. Dari contoh ini, menurut kami sudah cukup jelas mengapa Anda sebagai pemilik bisnis atau sales maupun merketer harus memiliki jaringan yang kuat.

 

4. Membuat event/menyeponsori event

Membuat event atau menjadi sponsor event merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan jika tidak memiliki budget besar. Karena budget Anda masih minim, jika Anda ingin membuat event, maka Anda harus membuat event sederhana yang sekiranya tidak melebihi budget yang dimiliki. Jika tidak bisa membuat event sendiri, Anda dapat menyeponsori event yang menurut Anda sesuai dengan target pasar Anda.

 

Itulah tips-tips untuk memasarkan produk/layanan bagi Anda yang tidak memiliki budget yang cukup. Ikuti terus blog kami untuk mendapatkan tips-tips sales, tips marketing dan CRM di Indonesia. Caranya mudah, Anda hanya perlu mendaftarkan email pada kolom subscribes dibawah ini.

Ilustrasi (c) Wikimedia Commons | Sales1CRM.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK