Return to site

4 Hal Yang Dapat Dilakukan CRM Untuk Bisnis Di Indonesia

Manfaat CRM yang didapatkan oleh perusahaan

4 Hal Yang Dapat Dilakukan CRM Untuk Bisnis Di Indonesia

Customer Relationship Management (CRM) saat ini menjadi alat penting bagi pelaku bisnis. Dimana selain mampu mengevaluasi interaksi pelanggan serta data-data mereka, CRM memiliki kemampuan untuk melacak semua komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dengan pelanggan. Jika Anda membutuhkan informasi lain tentang CRM, Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya pada halaman ini.

 

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sedikit tambahan tentang manfaat CRM yang dapat meningkatkan bisnis Anda.

 

1. CRM dapat menkonversi dari hubungan biasa (relationship) menjadi mitra (partnership)

CRM software tidak dirancang semata-mata untuk meningkatkan penjualan Anda. Tetapi, titik fokus utama CRM adalah untuk mengelola bagaimana perusahaan dan pelanggan terlibat untuk membangun hubungan yang relevan dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Dengan CRM Anda dapat membangun kemitraan yang potensial berdasarkan riwayat transaksi dari pelanggan. Anda dapat menggabungkan CRM dengan Marketing Automation Tools untuk membuat cara kerja CRM yang lebih sederhana.

 

2. Manajemen talenta tim sales/marketing

Jika kita lihat dari kegunaan CRM, untuk manfaat yang satu ini tidak terlalu berkaitan secara langsung. Akan tetapi, dengan teknologi analisa data penjualan dan CRM akan mampu memperlihatkan bagaimana tim Anda bekerja.

 

Dari CRM ini Anda dapat mengelola data-data hasil kinerja tim Anda pada tempat yang lebih terpusat yang dapat membantu proses tersebut. Seperti analisa hasil kerja hari ini, apa saja yang dinegosiasikan dengan pelanggan/prospek, pengembangan data karir dan tindakan terkait lainnya. Dari data tersebut Anda dapat membangun tim sales dan marketing bertalenta untuk produktivitas penjualan.

 

3. Memonitor reputasi perusahaan maupun membuat peningkatan customer service

CRM yang dihubungkan dengan layanan pelanggan (customer service) akan membuat pelanggan Anda memiliki pandangan menyeluruh tentang perusahaan. Mengapa? Jika dari customer service tidak memberikan pelayanan yang baik, maka perusahaan akan mendapatkan reputasi yang negatif. Kita sering kali mendapatkan informasi baik di forum maupun media social. Dimana pelanggan mengeluarkan uneg-uneg untuk perusahaan dengan cara berbagi di forum dan social media terkait layanan pelanggan yang kurang baik dari perusahaan.

 

Dengan implementasi CRM ini, Anda sebagai seorang leader mampu memonitor semua aktivitas yang berhubungan dengan layanan pelanggan.

 

4. Memberi dukungan proses penjualan

CRM sebagai salah satu bagian penting dari strategi pemasaran dan bisnis bidang apapun, CRM dapat membantu perusahaan mendapatkan feedback yang akurat dan menyeluruh terhadap proses penawaran. Perusahaan pun akan dapat memonitor loyalitas pelanggan yang dimiliki saat ini berdasarkan nilai pembelian.

 

Untuk Anda yang ingin melakukan pemasaran, CRM akan memudahkan Anda untuk menargetkan kampanye berdasarkan minat pelanggan-pelanggan Anda.

 

Itulah manfaat CRM untuk bisnis Anda, jika Anda ingin mengimplementasikan CRM untuk bisnis. Anda dapat menghubungi kami melalui email hi@sales1crm.com. Tim terbaik kami akan menghubungi Anda untuk memberikan arahan lebih dalam lagi tentang CRM untuk bisnis Anda di Indonesia.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK