Return to site

Cara Membangkitkan Bisnis Dari Kegagalan

Kegagalan adalah awal kesuksesan, tapi...

Cara Membangkitkan Bisnis Dari Kegagalan

Kegagalan adalah merupakan bagian dari kesuksesan. Banyak orang yang percaya bahwa kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Pepatah itu memang benar, akan tetapi, untuk mencapai kesuksesan harus ada nilai usaha dari Anda sendiri. Jika Anda tidak memiliki usaha, kapan kegagalan tersebut menemukan kesuksesan? Tidak akan pernah terjadi.

Jika Anda tidak dapat melihat sisi terbaik Anda, maka kegagalan yang Anda alami saat ini tidak akan pernah berubah menjadi kesuksesan. Sebaliknya, kegagalan tersebut akan semakin memperburuk bisnis Anda yang dapat berujung pada kondisi paling bawah yakni “gulung tikar”. Jadi bagaimana agar Anda dapat kembali dari kegagalan? Berikut adalah tindakan yang perlu Anda lakukan:

1. Menyesuaikan kendali bisnis

Anda tidak dapat mengandalkan tim sales Anda saja untuk bekerja. Tetapi, Anda juga harus memiliki peran penting dalam bisnis Anda. Jika tim sales gagal, Anda harus memberikan motivasi untuk mereka agar mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Jangan terlalu menyalahkan kinerja mereka, Anda harus melihat data pelanggan, data perusahaan maupun data pasar. Jika ada yang kurang, silakan Anda sesuaikan dan buatlah strategi baru yang dapat membantu tim Anda bekerja lebih baik.

2. Menentukan kesuksesan di masa depan

Seperti apa kesuksesan yang ingin Anda capai? Anda harus dapat menjawab pertanyaan ini terlebih dahulu sebelum Anda mulai bekerja untuk membangkitkan bisnis Anda. Mendefinisikan kesuksesan yang ingin Anda capai dari awal akan sangat membantu untuk melihat atau mengenali tanda-tanda kegagalan lebih awal pula.

3. Melakukan penelitian dan pemusatan data

Kegagalan yang Anda alami saat ini akan mengajarkan Anda untuk bekerja lebih analitis. Ketika Anda merasa telah mengalami kegagalan, Anda harus segera melakukan analisa dan memperbaiki kesalahan yang telah Anda lakukan.

Sebagai contoh, ketika Anda memiliki pelanggan dari perusahaan yang cukup potensial yang tiba-tiba berencana untuk berhenti bekerja sama dengan Anda, maka tugas Anda adalah melakukan analisa data dari kinerja Anda selama ini. Karena pada dasarnya tidak mungkin pelanggan melakukan pemutusan hubungan tanpa alasan.

Mencari tahu lebih detail dari kinerja Anda akan sangat membantu dalam memperbaiki kegagalan sejak awal. Anda tidak dapat bertindak lebih cepat jika Anda tidak melakukan pemusatan data. Untuk itu, Anda harus memiliki tools yang mampu memusatkan data agar dapat melakukan analisa lebih cepat.

Ilustrasi (c) Pixabay.com | Pexels.com