Return to site

Tips Bisnis Untuk Pemilik Usaha Kecil & Menengah (UKM)

Menjaga bisnis kecil tetap tumbuh menghadapi persaingan

Tips Bisnis Untuk Pemilik Usaha Kecil & Menengah (UKM)

Bisnis kecil (UKM) yang Anda jalankan merupakan aset yang sangat berharga untuk Anda dimasa yang akan datang. Jika Anda tidak dapat mengelola dengan baik, aset Anda ini akan hilang begitu saja. Dalam menjalankan bisnis, Anda tidak hanya memikirikan strategi pemasaran dan mencari pelanggan. Ada banyak hal lain yang perlu Anda perhatikan agar bisnis terus berjalan dan mampu bertahan ditengah sengitnya kompetisi bisnis seperti saat ini.

 

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda para pemilik bisnis kecil (UKM)

 

1. Memiliki penasehat

Memiliki konsultan atau penasehat tentu akan membuat Anda semakin optimis dalam menghadapi persaingan. Mungkin, bagi Anda yang tidak memiliki banyak dana, tentu memiliki penasehat akan dianggap membutuhkan banyak uang. Padahal, untuk memiliki penasehat, Anda dapat memanfaatkan pelanggan-pelanggan Anda. Dengan cara ini, Anda akan lebih menghemat pengeluaran.

 

2. Mengatur keuangan dengan baik

Mengatur keuangan menjadi kunci utama agar bisnis Anda berjalan dengan baik. Tanpa manajemen keuangan yang baik, Anda mungkin akan selalu kekurangan modal tiap kali akan menjalankan bisnis. Jika Anda terus menambah modal dari hasil pinjaman dan tidak dapat mengumpulkan keuntungan, maka Anda tidak akan pernah memiliki bisnis yang baik. Anda dapat memanfaatkan software akuntansi untuk memudahkan Anda dalam mengatur keuangan Anda.

 

3. Ingat bisnis

Pemilik UKM sering kali mengalami masalah pada penjualan. Mereka banyak yang menawarkan kredit produk untuk kerabat/teman dengan harapan mereka akan membantu memasarkan produknya. Tetapi, cara ini sering kali menjadi boomerang untuk mereka. Modal tidak berjalan, keuntungan pun tidak didapatkan secara langsung. Sebagai pemilik UKM, Anda harus tegas baik kepada kerabat/teman Anda. Jangan karena mereka orang terdekat, Anda membedakan layanan dengan pelanggan lain.

 

4. Menerapkan teknologi terbaru

Seorang pebisnis yang cerdas tau bagaimana mereka menerapkan teknologi untuk bisnisnya. Mereka menggunakan teknologi-teknologi baru untuk menunjang penjualan dan memperbaiki kualitas. Teknologi-teknologi ini bisa berupa social media, website, online marketing, internet marketing, CRM dan lain sebagainya. Teknologi-teknologi ini cenderung memiliki harga yang lebih murah untuk melakukan pemasaran dibandingkan dengan menggunakan kampanye offline. Selain itu Anda dapat menganalisa data kampanye dan melihat efektivitas kampanye.

 

Itulah tips-tips untuk pemilik UKM dari kami. Ikuti terus blog Sales1CRM dengan cara mendaftarkan email pada kolom subscribes dibawah ini.

Ilustrasi (c) Flickr.com CC | Pexels.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK