Return to site

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Untuk Menambah Keuntungan

Kepercayaan yang didapatkan dari pelanggan menggandakan keuntungan berlipat

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan untuk Menambah Keuntungan

Sebelum Anda membaca artikel ini lebih jauh, kami ingin bertanya kepada Anda. Mana yang lebih penting menurut Anda. Meningkatkan penjualan kepada pelanggan baru atau meningkatkan kepercayaan pelanggan yang saat ini Anda miliki? Apakah Anda sudah memiliki jawaban? Jika sudah, silakan jawab pertanyaan ini pada kolom komentar dan berikan alasannya.

Dari sudut kami, kami lebih mementingkan kepercayaan pelanggan daripada kami harus terus menambah pelanggan baru. Mengapa demikian? Jika dibandingkan dengan jumlah penjualan baru, kebanyakan perusahaan lebih banyak yang mengalami keuntungan lebih besar dari hasil menjaga hubungan dengan mereka. Dengan kata lain, menjaga hubungan dengan pelanggan dapat menambah keuntungan yang dicapai oleh perusahaan. Jika Anda tidak percaya, berikut adalah tips bagaimana Anda "me-monetize” kepercayaan pelanggan Anda untuk kepentingan bisnis.

1. Membangun loyalitas pelanggan

Kami sudah sering membahas loyalitas pelanggan untuk Anda, jika kita gambarkan sedikit tentang loyalitas ini Anda dapat belajar pada industri sepak bola yang sudah berkembang di Eropa. Mari kita lihat klub yang memiliki basis supporter besar disana, sebut saja Barcelona, Madrid, AC Milan, Liverpool, MU dan klub lainnya. Ketika supporter mereka loyal, berapa pun harga merchandise yang dijual, supporter akan membelinya. Tak cukup satu, supporter yang loyal akan mengoleksi semua produk yang berhubungan dengan klub kesayangannya tersebut.

Begitu juga dalam bisnis yang Anda jalankan saat ini, ketika Anda memiliki pelanggan yang loyal, Anda dapat membuat produk premium untuk mereka. Dengan produk premium tersebut, tentu Anda dapat meningkatkan keuntungan lebih.

2. Dapat menaikkan harga tanpa takut kehilangan pelanggan

Jika Anda sudah memiliki pelanggan loyal, berapapun harga yang Anda berikan, tentu mereka tetap menerima produk Anda. Mengapa demikian? Salah satu alasan utama ialah mereka sudah memahami bagaimana Anda melayani pelanggan-pelanggan Anda, bagaimana produk Anda dan lain sebagainya yang berhubungan dengan perusahaan.

Lain halnya untuk pelanggan baru, Anda harus bisa meyakinkan mereka terlebih dahulu. Dan tantangan Anda adalah, ketika mereka menilai harga yang Anda berikan terlalu mahal, kami yakin mereka akan mengatakan “Harga yang Anda tawarkan untuk produk/layanan tersebut terlalu mahal buat saya!” ketika menemukan jawaban tersebut Anda tidak bisa menganggap prospek tersebut tidak mengerti barang berkualitas dari perusahaan Anda. Melainkan karena tidak ada kepercayaan untuk Anda.

3. Dapat menambah pembelian

Pelanggan yang sudah puas dengan produk/layanan Anda, mereka akan senang hati menambah pesanan mereka untuk Anda. Ibaratnya, Anda memesan minuman di café, Anda merasa cocok dengan minuman tersebut, bukankah Anda akan memesannya lagi saat itu juga atau dilain kesempatan?

Begitu juga pada bisnis lain, ketika mereka sudah percaya dari yang awalnya memesan 1 produk bisa membeli 2, 3, 4 atau lebih banyak dari angka-angka tersebut. Jika sudah membeli banyak, keuntungan Anda bisa melebihi keuntungan yang Anda dapatkan dari pelanggan baru. Karena tidak banyak pelanggan baru yang langsung yakin dan membeli banyak produk.

Itulah mengapa Anda harus meningkatkan kepercayaan pelanggan agar Anda bisa membukukan keuntungan yang lebih besar dengan memanfaatkan kepercayaan mereka tersebut. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki jawaban berbeda?

Ilustrasi (c) Sales1CRM.com | Pixabay.com