Return to site

Cara Efektif Untuk Membangun Jaringan Bisnis

Membangun jaringan bisnis untuk penjualan yang lebih baik

· Tips Sales,Tips Marketing

Salesperson yang berhasil membangun jaringan bisnis dengan baik tentu memiliki peluang untuk menarik lebih banyak prospek dengan cepat. Tetapi, membangun jaringan bisnis itu sangat tidak mudah dan perlu usaha yang serius. Untuk Anda yang ingin mulai membangun jaringan bisnis, berikut adalah tips-tips untuk Anda.

 

1. Memperkenalkan diri

Sebagai sales yang ingin memiliki jaringan, Anda harus aktif dalam memperkenalkan diri kepada orang-orang. Jangan menunggu orang lain memperkenalkan diri mereka untuk mengenal siapa Anda. Karena semakin mudah Anda memperkenalkan diri, akan lebih mudah pula membangun hubungan bisnis dalam jaringan Anda.

 

2. Jangan menjadikan event yang dilakukan jaringan Anda sebagai tempat berjualan

Berada di dalam komunitas atau jaringan tentu akan menemukan banyak event yang dijalankan. Sebagian menganggap bahwa event tersebut menjadi kesempatan untuk menjual produk. Stop! hindari upaya seperti itu karena upaya tersebut justru dapat menghancurkan reputasi Anda sendiri.

 

3. Mencari informasi lebih tentang orang yang Anda temui

Jangan membuat misi untuk mengumpulkan banyak kenalan dalam jaringan tetapi Anda tidak pernah mencari tahu siapa mereka, apa pekerjaan mereka, apa kebutuhan mereka dan lain sebagainya. Jika Anda hanya berkumpul untuk menambah kenalan, Anda tidak akan bisa menemukan jalan untuk mulai masuk pada tujuan utama Anda yakni penjualan.

 

Berada dalam jaringan memiliki tujuan untuk membuka pintu agar menemukan informasi tentang masing-masing anggota. Ketika informasi tersebut sudah cukup lengkap dan akurat, tujuan terakhir memasuki jaringan adalah untuk mendapatkan prospek baru. Manfaatkan kesempatan tersebut dengan baik agar Anda memiliki peluang penjualan dengan cepat.

 

4. Temani orang-orang yang sedang sendirian

Kesempatan terbesar untuk mulai membangun hubungan secara personal adalah dengan menemani orang-orang yang sedang duduk atau berdiri sendirian saat ada event. Dengan demikian Anda dapat bertukar cerita terkait bisnis, hobi dan lain sebagainya. Menemani orang-orang yang sedang sendirian juga memudahkan mereka untuk mengingat nama Anda jika sewaktu-waktu butuh.

 

5. Menjadi wakil untuk semua orang

Ketika ada event yang membuka diskusi, manfaatkan diri Anda untuk bertanya sesuatu yang dapat mewakili pertanyaan semua orang. Bertanya pada waktu seperti ini akan mengundang perhatian orang-orang disekitar Anda. Buatlah pertanyaan terbaik yang dapat mewakili pertanyaan orang-orang yang ikut dalam event tersebut.

 

6. Follow up secepatnya jika Anda mendapatkan prospek

Ketika Anda sudah berada dalam komunitas dan mulai mendapatkan prospek, lakukan follow up secepatnya atau maksimal 48 jam. Ini perlu dilakukan agar reputasi Anda semakin membaik di dalam jaringan. Keberhasilan penjualan pada satu orang prospek dalam jaringan akan memberikan efek dengan cepat untuk membawa prospek-prospek baru lainnya di dalam jaringan tersebut.

 

Itulah tips untuk membangun jaringan yang dapat kami berikan untuk Anda. Apabila Anda memiliki tips lain jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah artikel ini atau dengan mengirimkan email ke hi@sales1crm.com

Ilustrasi (c) Flickr.com - University of the Fraser