Return to site

Memulai & Akhiri Meeting Penjualan Tepat Waktu

Terlambat dalam meeting bisnis, bolehkah?

· Tips Sales

Meeting penjualan tentu sudah biasa dilakukan oleh sales, bahkan meeting yang tidak tepat waktu juga seperti sudah menjadi rahasia publik dalam proses yang dilakukan oleh sales. Padahal, memperhatikan waktu adalah bagian penting dalam proses pengembangan prospek agar mereka semakin percaya pada perusahaan dan Anda secara personal.

Ketika Anda telat untuk datang saat ada jadwal meeting, prospek akan menilai Anda tidak serius dalam menjalankan tugas. Apabila Anda terlalu lama atau terlambat mengakhiri meeting, prospek akan menilai bahwa Anda telah menghabiskan banyak waktu mereka yang sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk hal lain.

Ada sales yang beranggapan bahwa terlambat datang saat ada jadwal meeting atau terlalu lama menghabiskan waktu dianggap bukan masalah. Padahal mempertahankan sikap tersebut adalah awal dari kehancuran karirnya sendiri serta rusaknya reputasi perusahaan. Sales manager merupakan sosok yang harus memberikan peringatan kepada tim sales untuk memperbaiki sikap. Sedangkan sales secara pribadilah yang dapat mengubah kebiasaan tersebut.

Sales datang terlambat untuk meeting kebanyakan karena beberapa alasan, jadwal yang tidak teratur, lupa atau bahkan karena alasan tak terduga. Untuk alasan tak terduga, tentu tidak ada yang bisa menghindarinya. Tetapi, untuk alasan jadwal yang tidak teratur dan juga lupa sebenarnya bisa diantisipasi oleh sales dan itu adalah kecerobohan yang sangat memalukan.

Menggunakan jadwal terpusat dan memiliki pengingat adalah cara yang tepat untuk mengantisipasi dua alasan tersebut. Memanfaatkan platform CRM untuk membuat jadwal yang terpusat dan dilengkapi dengan pengingat atau notifikasi melalui smartphone kepada seluruh tim. Dengan cara ini, tim tidak lagi lupa atau salah dalam mengatur jadwal dengan prospek dan dapat memilih waktu yang tepat untuk meeting.

Bolehkah sales datang terlambat dan mengakhiri meeting lebih lama?

Ya, sales boleh datang terlambat, boleh mengakhiri meeting lebih lama tetapi harus memiliki izin dari prospek. Jika Anda ingin menambah durasi meeting, Anda harus meminta izin sebelum Anda berangkat dan lebih baik memberi informasi beberapa hari sebelumnya. Jika tidak mendapatkan izin, Anda dapat mengurangi hal-hal yang ingin Anda tanyakan untuk mempersingkat waktu.

Ilustrasi (c) Startup Stock Photos from Pexels

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK