Return to site

Cara Evaluasi Rencana Program Partnership Marketing

Program partnership dengan pelanggan atau perusahaan lain

Pernahkah Anda berpikir untuk melakukan program partnership dengan pelanggan yang Anda miliki? Mungkin untuk melakukan program seperti ini Anda harus benar-benar menyaring pelanggan-pelanggan yang Anda miliki. Karena, dalam menjalankan program mitra seperti ini dibutuhkan ketelitian dari berbagai aspek yang perlu pertimbangan. Satu kesalahan akan membuat Anda mengalami kerugian yang cukup besar. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu Anda evaluasi sebelum memutuskan untuk melakukan program partnership dengan pelanggan.

 

1. Sinergi produk

Apakah Anda memiliki produk yang dapat disinergikan dengan produk milik calon mitra Anda? Tujuan sinergi produk ini adalah untuk memastikan bahwa antara produk yang Anda miliki dengan produk pelanggan dapat membuat suatu produk yang saling berkaitan. Dengan cara ini tentu Anda akan mencapai kesuksesan dalam bermitra dengan pelanggan Anda.

 

2. Branding

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan kerja sama, pastikan brand produk yang Anda miliki dapat ikut terangkat dari hasil kerja sama ini. Meskipun tidak mampu meningkatkan brand, setidaknya Anda mendapatkan nilai tambah dari hasil kolaborasi Anda dengan pelanggan Anda. Selain branding juga ditujukan untuk meningkatkan marketing produk dari semua perusahaan yang ikut tergabung. Jika program ini hanya menguntungkan salah satu perusahaan, untuk apa Anda menjalankan program partnership marketing? Jika Anda memang melihat peluang marketing yang sangat luas, lakukanlah karena dengan cara ini Anda dapat meningkatkan brand perusahaan, meningkatkan pendapatan dan lain sebagainya.

 

3. Basis pelanggan

Sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama, coba perhatikan basis pelanggan yang dimiliki oleh calon partner Anda. Jika memang memiliki basis pelanggan yang sesuai untuk produk Anda, Anda dapat melanjutkan program tersebut. Jika tidak, coba lihat peluangnya, jika memang ada peluang, Anda dapat membuat basis pelanggan baru dari kerja sama ini, lanjutkanlah. Tetapi, jika tidak, urungkan niat Anda agar tidak menjadi program sia-sia.

 

4. Pendapatan untuk perusahaan

Setiap program yang akan Anda canangkan adalah untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. Jika program partnership yang akan Anda jalankan tidak begitu meyakinkan untuk menaikkan pendapatan Anda lebih baik urungkan rencana Anda tersebut.

 

Itulah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menjalankan program partnership dengan pelanggan. Ikuti terus blog kami dengan cara berlangganan newsletter. Daftarkan email Anda pada kolom subscribes dibawah ini.

Ilustrasi (c) Pixabay.com