Return to site

Tips Membuat Perencanaan Harian Untuk Sales

Perencanaan yang baik untuk kerja optimal

Setiap kesuksesan penjualan yang Anda dapatkan tidak terjadi karena kebetulan. Semua terjadi karena perencanaan dan eksekusi yang baik dari Anda. Banyak tips yang diberikan oleh sales profesional yang menyebutkan bahwa mereka tidak memberi kesempatan apa pun untuk tidak menunjukkan kinerja yang optimal.

Mereka yang sukses adalah yang selalu menunjukkan keterampilan, disiplin dan membuat perencanaan yang baik setiap hari. Berikut adalah tips untuk menciptakan dan mengelola hari Anda untuk mencapai kesuksesan dalam penjualan.

1. Memulai dan mengakhiri hari ini dengan semangat yang kuat

Bagaimana Anda mengawali hari ini adalah hal yang penting. Apa yang akan Anda kerjakan, apa yang akan Anda ambil dan bagaimana Anda mengatur waktu hingga sampai ke tempat kerja? Semua harus Anda lakukan dengan baik. Banyak yang berkata bahwa pagi hari menjadi waktu terbaik untuk menyusun pekerjaan Anda hari ini, apakah Anda sudah mencoba mempraktikkan ungkapan tersebut?

2. Merencanakan jadwal kerja harian Anda

Memiliki jadwal kerja harian akan sangat membantu memudahkan kinerja Anda. Dengan cara ini, waktu yang terbuang sia-sia akan dapat diminimalisir. Bagaimana mengatur jadwal kerja harian Anda? Kami akan memberikan sedikit contoh untuk Anda. Ketika Anda sampai ke kantor, luangkan waktu untuk membuat daftar spesifik tugas Anda hari ini seperti 30 menit pertama melakukan pengecekan email dan memilih email mana yang perlu Anda respon. Selanjutnya luangkan waktu 45 menit untuk melakukan follow up melalui telepon dan selanjutnya melihat jadwal pertemuan Anda dengan prospek.

Hindari jadwal yang dapat membuat Anda mengerjakan dua pekerjaan bersamaan karena hal ini dapat memperburuk kinerja Anda. Contoh, saat Anda membuka email, Anda menyempatkan diri untuk follow up prospek lain melalui telepon, jika ini terjadi bisa saja Anda lupa merespon email yang sudah Anda buka. Sehingga, email tersebut tidak Anda respon karena berpikir bahwa email tersebut sudah Anda respon.

3. Mengukur pencapaian hari ini

Coba ingat kembali hasil kerja Anda hari ini, dimana nilai kesuksesan Anda. Apabila dalam satu hari Anda tidak dapat menciptkan penjualan, dimana letak kegagalannya. Dengan mengukur pencapaian seperti ini Anda dapat memecahkan masalah yang mungkin tidak Anda sadari. Dengan cara ini pula ketika Anda menemukan hasil yang baik akan membuat Anda lebih termotivasi lagi untuk penjualan-penjualan yang lebih baik dari sebelumnya.

Ilustrasi (c) Pixabay.com