Return to site

Cara Manage Tim Sales Yang Bekerja Secara Remote (WFH)

Mengatur atau me-manage tim sales yang bekerja secara remote (istilah lain work from home (WFH)) dapat menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh leader. Bagaimana tidak, jika perusahaan masih belum memiliki sistem CRM, leader akan mengalami kesulitan untuk memberikan arahan kepada tim. Memang sudah ada tools yang dapat memudahkan tim dalam berkomunikasi seperti dengan email, chat dan telepon. Tetapi, metode tradisional seperti ini masih sulit untuk bisa memantau kinerja tim sales. Maka dari itu, kami akan memberikan beberapa tips untuk Anda yang sudah atau akan menerapkan sistem kerja WFH untuk tim sales.

1. Membuat ulasan strategis

Jika Anda ingin memperbaiki semua hal yang terjadi saat ini, maka Anda juga harus memperbaiki langkah-langkah strategis untuk membuat kinerja tim sales tetap efektif meskipun bekerja dari rumah. Anda harus memiliki sistem yang dapat memastikan semua orang dalam tim Anda tetap melakukan pekerjaan dengan benar dan memastikan semuanya terjadi sesuai proses yang diinginkan oleh perusahaan. Dalam hal ini, penggunaan CRM akan memudahkan tim sales dalam bekerja dan memberikan laporan hasil komunikasi dengan prospek/pelanggan yang mana pada akhirnya sales leader dapat memantau visibilitas tim sales melalui laporan yang terdapat pada sistem CRM.

2. Pelatihan secara individual

Sebelum Anda benar-benar melepaskan tim Anda untuk bekerja dari rumah, Anda harus melakukan pelatihan sebelumnya untuk memastikan tim bekerja sesuai dengan tugas yang umumnya dilakukan dikantor. Anda perlu memberikan informasi yang detail mengenai SOP dalam bekerja dari rumah agar tim Anda jelas dan tidak membutuhkan waktu lama untuk beradapatasi dengan metode kerja baru yang Anda barikan.

3. Selalu siap untuk memberikan arahan

Komunikasi dengan tim sales sangat diperlukan ketika Anda mulai menerapkan metode kerja melalui rumah WFH/remote. Maka dari itu, selain kesiapan tim dalam menerima tugas dari Anda, kehadiran Anda pun sangat penting untuk memberikan arahan kepada tim Anda yang terlihat tidak dapat memenuhi kriteria kinerja seperti yang diharapkan oleh perusahaan. Anda yang sudah menggunakan sistem CRM akan lebih mudah dalam memberikan arahan dengan memantau hasil yang didapat.

4. Selalu belajar

Yang terpenting dalam menjalankan metode kerja dari rumah adalah selalu belajar. Ini tidak terbatas pada tim sales Anda saja tetapi juga perlu Anda lakukan. Ketika Anda mulai menjalankan metode kerja yang baru, umumnya akan terjadi perbedaan antara harapan dan realita. Dengan belajar meskipun Anda tidak dapat mencapai sepenuhnya, setidaknya Anda dapat memaksimalkan potensi sebaik mungkin dari proses belajar yang didapat oleh tim dan Anda secara pribadi.

Kemudahan untuk memperbaiki, menganalisa serta menjalankan 4 poin di atas dapat Anda lakukan dengan menggunakan sistem CRM. Ketahui lebih lanjut bagaimana memaksimalkan tim sales dan mengatur mereka ketika bekerja dari rumah dengan menggunakan CRM melalui informasi dari Sales1. Hubungi kami di hi@sales1crm.com untuk menggunakan sistem CRM yang terpercaya untuk mendukung bisnis Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK