Return to site

Cara Marketing Yang Sukses Dengan Hubungan Pelanggan

Marketing dengan memanfaatkan hubungan dengan pelanggan

Cara Marketing Yang Sukses Dengan Hubungan Pelanggan

Dari berbagai hasil studi yang kami temukan, salah satunya yang pernah dipublish oleh Forbes menyebutkan bahwa banyak bisnis yang mendapatkan dampak negatif karena salah dalam menangani hubungan mereka dengan pelanggan-pelanggannya. Padahal, menjaga hubungan dengan pelanggan yang tepat adalah merupakan tindakan yang sangat diharuskan untuk bisa meningkatkan loyalitasnya.

 

Jangan sampai perusahaan kehilangan aset berharga dalam bisnis karena keegoisan perusahaan yang enggan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Keterlibatan pelanggan juga sangat penting untuk membantu perusahaan dalam memasarkan produk. Hanya saja, pelanggan tidak akan membantu memasarkan produk/layanan Anda jika tidak ada keterlibatan perusahaan untuk memberikan kualitas layanan secara konsisten dan fokus kepada pelanggan.

 

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh perusahaan untuk bisa terus mempertahankan hubungan dengan pelanggan dengan sukses, berikut adalah rinciannya:

 

1. Mempertahankan nilai

Menjaga kesetiaan dan loyalitas pelanggan bukanlah sesuatu yang bisa Anda lakukan hanya satu kali. Tapi, ini merupakan rangkaian dari proses atau kejadian yang melibatkan interaksi positif dengan pelanggan. Dengan penanganan yang berkualitas sesuai dengan harapan mereka akan menghasilkan loyalitas yang tinggi dari pelanggan serta mampu menghasilkan inovasi dalam strategi marketing.

 

2. Memprioritaskan pelanggan

Jika dilihat dari kebutuhan bisnis yang sangat mendesak, perusahaan perlu membuat program untuk memprioritaskan semua pelanggan. Prioritas pelanggan ini biasanya akan berhubungan dengan customer service atau customer support. Sering kali pelanggan mengalami kesulitan untuk menghubungi perusahaan atau respon perusahaan yang terlalu lambat. Jika Anda ingin memperkuat hubungan dengan pelanggan, maka perusahaan harus bisa memberikan jawaban yang lebih cepat ketika pelanggan mengalami masalah terkait produk atau layanan yang mereka percayakan kepada perusahaan Anda.

 

3. Membuat pelanggan merasa lebih nyaman

Tidak ada satu orang pun yang senang berada pada posisi tidak nyaman. Begitu juga dengan bisnis Anda, bukankah demikian? Ketika Anda berusaha membuat pelanggan Anda nyaman dengan perusahaan, serta membuat mereka merasa terlibat dalam kesuksesan perusahaan, maka akan ada satu titik dimana pelanggan akan terus menjaga hubungan dengan perusahaan. Ketika mereka sudah nyaman, bukan tidak mungkin pula mereka akan meningkatkan pembelian mereka, yang artinya akan meningkatkan keuntungan perusahaan.

 

4. Memahami perilaku pelanggan

Ditengah persaingan pasar yang semakin kompetitif ini, Anda tidak bisa lagi mengandalkan strategi lama saja serta berpikir bahwa Anda sudah berhasil menjaring banyak pelanggan. Anda tetap tidak bisa membuat keputusan yang mengesampingkan pelanggan untuk bertindak sesuai keinginan perusahaan. Jika Anda ingin membuat perubahan, yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan perubahan tersebut dengan perilaku pelanggan-pelanggan Anda. Jika Anda merasa bahwa mengalami kesulitan untuk mencari tahu perilaku mereka, Anda dapat melakukan survei yang bisa mengumpulkan informasi-informasi yang berkaitan dengan perusahaan ataupun tingkat kepuasan pelanggan Anda.

 

Dari berbagai aspek yang telah kami sebutkan diatas, Anda dapat meringankan pekerjaan dengan mengimplementasikan CRM. Anda tidak bisa menyimpan data-data pelanggan serta feedback yang pelanggan Anda berikan pada tempat terpisah layaknya metode tradisional. Karena, penyimpanan data terpisah akan membuat pekerjaan Anda semakin banyak dan ada kemungkinan tim sales tidak mengetahui record dari pelanggan-pelanggan Anda. Jika Anda ingin mendapatkan penjelasan lebih detail lagi, mengapa harus mengimplementasikan CRM, Anda dapat menghubungi kami melalui email dengan alamat hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Pixabay.com