Return to site

Tips Sukses Merketing Online Untuk Pemula

Online marketing retail

Tips Sukses Merketing Online Untuk Pemula

Banyak pelaku bisnis yang saat ini menjadikan dunia online sebagai tempat mereka berjualan. Untuk melakukan penjualan secara online pun, Anda tidak bisa melakukan pemasaran tanpa memiliki rencana dan strategi yang matang. Memiliki rencana yang bagus pun tidak menjamin bahwa perusahaan Anda sukses ditengah persaingan yang sangat kompetitif seperti saat ini. Apalagi bagi Anda yang tidak memikirkan strategi yang matang. Berikut adalah beberapa tips sukses untuk marketing online untuk retail:

 

1. Pahami perilaku pembeli

Untuk bisa memahami pelanggan, Anda dapat melakukan berbagai eksperimen pada toko online Anda. Sebagai contoh Anda melakukan perbandingan, yang mana yang lebih diminati antara melakukan promosi dengan metode diskon atau promo yang berupa free gift. Banyak hal yang bisa Anda perhatikan dari pembeli untuk nantinya Anda konversi menjadi bahan marketing online Anda.

 

2. Fokus untuk menjaga kualitas

Untuk menjaga kesuksesan, yang perlu Anda lakukan ialah dengan tetap fokus menjaga kualitas Anda. Karena meskipun Anda sudah melakukan pemasaran secara menyeluruh melalui media online, tanpa fokus untuk menjaga kualitas, maka Anda tidak akan bisa menemukan target market yang sesuai.

 

3. Test market

Sebelum Anda benar-benar melakukan marketing online secara besar-besaran, Anda dapat memulainya dengan melakukan test market online terlebih dahulu. Anda bisa memulai dengan marketing skala kecil untuk sebatas mencari tahu bagaimana respon dan pengalaman pelanggan Anda. Anda juga dapat menyisihkan sebagian anggaran belanja Anda untuk mencoba hal-hal baru seperti untuk mencari alat baru, layanan ataupun media baru.

 

4. Customer service online profesional dan mudah dijangkau

Semakin mudah pelanggan Anda menjangkau perusahaan tentu akan semakin membuat pelanggan Anda senang. Pengalaman yang membuat satu orang pelanggan senang, akan membuat mereka belanja lagi, lagi dan lagi. Setelah itu, rekomendasi terhadap perusahaan Anda kepada rekan, keluarga maupun testimonial pengalaman belanja di salah satu media online pun akan ia berikan untuk Anda.

Ilustrasi (c) Pixabay.com | Unsplash.com