Return to site

Cara Meeting Dengan Tim Sales Agar Tidak Membosankan

Mengakhiri kejenuhan tim sales untuk meeting

· Tips Sales

“Meeting lagi, meeting lagi, capek meeting terus-terusan” sepenggal keluhan yang pasti sering diungkapkan oleh tim sales Anda. Mereka jenuh dengan agenda meeting internal yang dilakukan oleh perusahaan. Terlebih lagi saat mereka tidak mampu mencapai target penjualan dengan baik. Jenuh, itulah yang dirasakan oleh tim sales saat meeting dilakukan.

 

Perlu sesuatu yang lebih menarik untuk membujuk tim Anda agar meeting jadi lebih menyenangkan. Jika Anda ingin mengubah kejenuhan tim saat meeting, berikut adalah hal yang bisa Anda praktikkan mulai sekarang.

 

1. Tetapkan kebijakan keterlambatan

Agar tidak lama menunggu tim yang akan ikut meeting lebih lama, tetapkan batas keterlambatan. Misal Anda memberikan batas keterlambatan dalam 15-30 menit. Jika tim Anda ada yang tidak datang dalam rentang waktu tersebut, mulai lah meeting Anda. Pastikan Anda memiliki agenda yang tepat agar Anda yang merupakan leader tidak telat saat meeting. Lebih baik Anda yang menunggu tim Anda, daripada tim yang menunggu Anda. Karena Anda yang menunggu akan menjadi contoh bagi tim untuk bisa datang lebih cepat tanpa harus Anda ingatkan kembali.

 

2. Agenda meeting jauh hari untuk persiapan tim

Leader sering melakukan meeting internal secara mendadak dengan alasan ada hal serius yang harus dibahas saat itu juga. Padahal, cara tersebut bukanlah cara yang tepat untuk menarik tim Anda hadir dalam meeting. Anda memang memiliki masalah serius, jika Anda ingin menyelesaikan, masukkan pada agenda meeting yang telah Anda susun. Misal, agenda meeting Anda dengan tim sales adalah tiap hari Senin minggu pertama dan kedua, jika Anda sudah menyusun pembahasan sebelumnya, ternyata ada masalah serius, majukan masalah serius tersebut dalam agenda Anda. Jangan membuat jadwal mendadak, karena itu dapat mengurangi fokus tim Anda.

 

3. Biarkan tim memberikan pendapat

Salah satu cara yang efektif untuk menarik tim Anda lebih senang dengan meeting adalah dengan memberi waktu untuk mereka mengungkapkan kendala-kendala atau ide-ide mereka selama meeting berlangsung.

 

4. Memberi insentif sederhana

Agenda rapat Anda pada pukul 9.00 pagi, berikanlah secangkir kopi dan sepotong roti untuk tim Anda, karena mereka mungkin tidak sempat sarapan agar bisa sampai kantor tepat waktu. Jika rapat Anda sore hari sebelum pulang kerja berikan sedikit makanan ringan untuk mereka dan persilakan juga untuk menyantap cemilan tersebut sebelum atau sesudah meeting. Sederhana memang, tapi ini menjadi bagian penting untuk tim Anda.

 

Itulah cara mengubah kejenuhan tim sales untuk meeting dengan Anda. Apakah Anda pernah menerapkan satu dari 4 cara yang telah kami sebutkan di atas? Bagaimana tanggapan tim Anda saat Anda menerapkan cara-cara tersebut? Silakan tinggalkan komentar!

Ilustrasi (c) Unsplash.com