Return to site

Menjalin Hubungan Jangka Panjang Dengan Pelanggan

Teknologi menyatukan bisnis di seluruh dunia dengan sangat mudah dan lebih cepat.

· Tips Sales

Teknologi telah mengubah banyak hal tentang hubungan sesama maupun hubungan bisnis. Teknologi menyatukan bisnis di seluruh dunia dengan sangat mudah dan lebih cepat. Sehingga kesempatan perusahaan untuk memasuki pasar global bisa terwujud dengan cepat pula. Bertemu dengan banyak pelanggan terkadang menyulitkan. Walaupun telah menggunakan teknologi sekalipun. Terlebih lagi bagi perusahaan yang ingin membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Di lingkungan serba cepat seperti saat ini, perusahaan harus bekerja lebih cepat untuk mendapatkan pelanggan. Mendapatkan penjualan lebih cepat bisa diatasi dengan banyaknya pelanggan, tetapi bagaimana cara mempercepat kedatangan pelanggan adalah masalah yang wajib diatasi oleh perusahaan. Hubungan menjadi kunci untuk keberhasilan tersebut, jika Anda ingin tetap bersaing dalam bisnis saat ini, berikut adalah cara terbaik yang dapat Anda lakukan.

1. Membuat atau memperluas koneksi

Hubungan yang baik akan terwujud dari hal yang kecil dan dikembangkan untuk menjadi basis yang lebih besar. Hubungan membutuhkan fondasi kokoh yang dibangun oleh salesperson untuk prospek yang akhirnya terjalin hubungan baik dan timbulnya kepercayaan. Ini merupakan kunci kesuksesan bisnis yang tidak dapat Anda abaikan.

Untuk membuat koneksi, awali dengan percakapan-percakapan ringan dan kurangi promosi produk. Biarkan orang lain mencari informasi tentang Anda lebih jauh. Dalam tahap awal ini, cukup dengan memberikan sedikit informasi mengenai produk yang Anda jual di perusahaan dan tempat Anda bekerja. Setelah Anda semakin dekat, mulailah untuk membicarakan bisnis dengan orang-orang yang berada dalam koneksi Anda.

2. Carilah kepentingan terbaik untuk mereka

Pada akhirnya, Anda akan masuk pada tahap penjualan dengan koneksi-koneksi Anda. Untuk memulai, Anda harus mencari tahu masalah dan seberapa penting solusi dari masalah yang mereka hadapi. Cari tahu tingkat emergency dari masalah mereka agar Anda bisa masuk lebih cepat.

3. Mempertahankan komunikasi

Menjalin hubungan merupakan pekerjaan sulit bagi salesperson, terlebih lagi saat mereka tidak berhasil menjual atau saat pelanggan tidak melakukan pembelian dalam jangka waktu yang panjang. Jika salesperson hanya diam saat pelanggan tidak menghubungi sama sekali, itu artinya ia siap kehilangan pelanggan dan siap mengurangi pendapatan.

Menghubungi kembali, memperbaiki hubungan adalah cara terbaik yang harus dilakukan oleh sales untuk mendapatkan kepercayaan lagi dari pelanggan. Mencari tahu masalah pelanggan dan mencari tahu alasan mengapa tidak melakukan pembelian merupakan tindakan prioritas untuk menjalin hubungan kembali dengan pelanggan yang hampir hilang tersebut.

Apabila Anda berhasil menerapkan tiga poin ini, kami sangat yakin Anda dapat menjalin hubungan jangka panjang yang baik, Anda pun bisa membangun hubungan dari awal dengan fondasi yang kuat.

ilustrasi (c) Flickr.com