Return to site

Cara Mengoptimalkan Peran CRM Untuk Bisnis & Penjualan

Cara agar merasakan peran CRM dalam bisnis Anda

· CRM Indonesia

CRM Merupakan sistem yang dapat berperan sebagai alat bantu untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan penjualan. Tetapi, CRM tidak akan bisa optimal jika Anda tidak mampu mengoptimalkan peran CRM untuk bisnis dan penjualan tersebut. Ini bukan tentang bagus atau tidaknya sistem CRM yang Anda gunakan. Masalah utama yang menjadi penyebab adalah kurangnya pengetahuan Anda sebagai operator CRM dalam menggunakan sistem tersebut. Bagi Anda yang ingin menggunakan CRM dengan cara yang lebih optimal, berikut adalah beberapa tips untuk Anda.

1. Jadilah sales yang jujur

Sistem CRM sebagus apapun yang Anda gunakan, jika Anda tidak dapat bekerja dengan jujur, maka sistem tersebut hanya akan menjadi sistem yang tidak berguna. Oleh karena itu, bangun dasar bisnis Anda dengan asas kejujuran. Dengan kejujuran ini, Anda dapat mengelola hubungan dengan pelanggan menjadi lebih baik, sehingga data yang ada pada sistem memiliki akurasi yang lebih baik. Jujur pada diri sendiri, jujur pada perusahaan dan jujur pada pelanggan adalah satu kesatuan yang nantinya akan memberikan efek pada bagaimana Anda menyimpan data pada sistem.

2. Menganalisa kebutuhan pelanggan dan pasar

Analisa kebutuhan pelanggan dan pasar menjadi bagian penting dalam mengoptimalkan peran CRM untuk bisnis dan penjualan. Jika Anda hanya menciptakan produk tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan pasar, untuk apa sistem tersebut? Jadikan data pada sistem CRM untuk menganalisa kebutuhan pelanggan dan pasar. Jika belum ada data tersebut, cobalah untuk melakukan riset secara langsung melalui survei terbuka.

3. Memberikan tanggapan terhadap masalah yang dihadapi oleh pelanggan

Sistem CRM memiliki fitur untuk menyimpan data. Jadikan fitur tersebut untuk menuliskan masalah-masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Kemudian, berikan tanggapan terhadap masalah pelanggan tersebut sebaik mungkin. Simpan metode penyelesaian (solusi) dari tanggapa Anda dan cari tahu tingkat kepuasan pelanggan terhadap tanggapan yang Anda berikan untuk menyelesaikan masalah-masalahnya.

Itulah strategi untuk mengoptimalkan peran CRM untuk bisnis dan penjualan yang dapat kami berikan. Jika Anda belum menggunakan CRM dan ingin menggunakan sistem CRM yang dikembangkan oleh pengembang Indonesia, Sales1CRM adalah solusinya! Info lebih lanjut silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK