Return to site

Strategi Untuk Menjadikan Pelanggan Lebih Loyal

Rahasia untuk mendapatkan pelanggan yang loyal

· Tips Sales

Ingin memiliki pelanggan loyal dibutuhkan tindakan-tindakan yang memihak pada kebutuhan pelanggan. Anda tidak akan bisa memiliki pelanggan loyal jika orientasi Anda hanya pada keinginan untuk menjual produk saja. Pelanggan Anda bukanlah pencetak uang, mereka membutuhkan suatu produk yang menurut mereka dapat menghemat pengeluaran dan memberikan solusi. Contohnya, Apakah Anda akan membeli produk yang ketika dipakai sebentar sudah rusak? Tentu tidak ada pelanggan yang akan membeli produk seperti itu. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki pelanggan loyal, maka Anda harus menjalankan strategi dengan tepat yang fokus pada solusi kepada pelanggan. Apa saja strategi yang dapat Anda lakukan untuk bisa mendapatkan pelanggan yang loyal? Berikut adalah beberapa tips untuk Anda!

1. Memberikan rewards kepada pelanggan

Pelanggan yang mendapatkan rewards, akan cenderung melakukan pembelian ulang dari waktu ke waktu. Contoh, Anda menjual sabun cuci dengan hadiah piring dan yang tanpa hadiah. Mana yang akan Anda pilih? Jika tidak memiliki masalah terhadap pemakaian, maka Anda akan lebih memilih yang disertai dengan piring. Piring ini adalah rewards sederhana yang ditawarkan oleh penyedia sabun untuk meningkatkan loyalitas para pelanggannya. Hal serupa juga bisa Anda terapkan untuk bisnis Anda.

2. Menawarkan inovasi berkelanjutan

Produk yang Anda tawarkan harus selalu memiliki pembaruan. Ini untuk menjaga kualitas produk Anda serta untuk menjamin kepuasan pelanggan. Inovasi-inovasi terhadap produk yang dilakukan secara berkelanjutan, tentu akan menjadi nilai plus bagi pelanggan. Ketika sudah memberikan nilai lebih, maka rewards untuk Anda adalah loyalitas.

3. Tidak menyerang kompetitor dalam bentuk apapun

Ada banyak perusahaan yang bersaing dengan tidak sehat, baik yang secara langsung maupun secara tidak langsung. Cara seperti ini merupakan persaingan bisnis yang tidak sehat. Jika pelanggan-pelanggan Anda tidak menyukai cara yang Anda lakukan ini, maka Anda akan lebih cepat kehilangan pelanggan. Jadi, apapun yang dilakukan oleh kompetitor terhadap produk/layanan Anda, tetap hadapi dengan sikap positif.

4. Tepat waktu dalam hal apapun

Anda mengatur jadwal meeting dengan pelanggan, datanglah tepat waktu. Anda menjadwalkan jadwal pengiriman, kirimlah tepat waktu. Disiplin waktu ini memberikan pengaruuh besar terhadap kepuasan pelanggan. Bahkan, waktu ini pula dapt memberi imbas terhadap bisnis pelanggan jika Anda menjual produk B2B. Satu keterlambatan yang Anda lakukan, bisa merugikan jutaan rupiah bagi pelanggan. Jika Anda tidak memperhatikan hal tersebut, sudah pasti Anda tidak akan memiliki pelanggan yang loyal.

Ilustrasi (c) Unsplash.com