Return to site

Faktor Yang Dapat Meningkatkan Potensi Penjualan

Ketahui hal-hal penting yang mendorong penjualan

· Tips Sales

Mengetahui faktor yang dapat meningkatkan potensi penjualan adalah hal yang wajib dilakukan oleh salesperson. Karena, dengan cara ini salesperson dapat memaksimalkan penjualan ketika keadaan bisnis atau penjualan sedang berada pada tren penurunan. Ketika salesperson hanya mampu bertahan dengan kondisi tersebut, sudah pasti ia akan tetap kesulitan untuk mencapai target penjualan seperti yang diharapkan oleh perusahaan. Maka dari itu, salesperson harus melakukan berbagai macam riset berbasis data pelanggan. Dengan cara itu, salesperson mampu melihat metrik-metrik penting yang dapat menghasilkan penjualan. Selain melakukan analisa, berikut adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan potensi penjualan.

1. Memastikan produk sesuai dengan kebutuhan pasar

Apa yang diinginkan pasar saat ini? Jika produk Anda sudah tidak sesuai dengan kebutuhan pasar, segera lakukan perubahan. Ikuti permintaan pasar untuk mendorong potensi penjualan Anda. Pasar yang selalu berubah yang disebabkan oleh berbagai macam penyebab seperti teknologi, ekonomi, politik dan sebagainya ini akan ikut melemahkan penjualan produk Anda meskipun tidak memberikan efek secara langsung.

2. Memudahkan pelanggan untuk mengenali keunggulan produk Anda

Terkadang, pelanggan hanya melihat produk pada sisi harga dan kebutuhan yang tidak terlalu mendesak. Ketika ia melihat produk, ia pun tidak memikirkan keunggulan yang didapat dari penggunaan produk tersebut. Oleh karena itu, buatlah sebuah metode penawaran yang dapat memudahkan pelanggan dalam mengenali keunggulan dari produk Anda. Dengan cara ini, pelanggan akan lebih mudah tertarik untuk segera melakukan pembelian, sekalipun ia tidak mengetahui produk Anda 100%.

3. Memaksimalkan teknologi yang dapat mendorong penjualan

Social media, internet, AI, BI maupun CRM merupakan teknologi-teknologi yang dapat digunakan untuk mendorong penjualan. Manfaatkan kehadiran teknologi-teknologi tersebut untuk menemukan solusi atas turunnya tingkat penjualan yang Anda hadapi. Jangan takut untuk menggunakan teknologi, karena dalam dunia sales, teknologi tidak akan bisa menggantikan posisi Anda sebagaimana yang terjadi pada kondisi-kondisi lain seperti penggantian tenaga manusia dengan mesin.

4. Membina, membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan

Tidak semua pelanggan hanya mengharapkan pembelian dalam satu atau dua kali. Banyak dari mereka yang ingin meningkatkan nilai pembelian ketika mereka merasa puas akan suatu layanan/produk. Oleh karena itu, Anda sebagai penjual harus bisa membina hubungan dengan prospek, bangun hubungan tersebut sebaik mungkin agar prospek merasa nyaman dengan layanan Anda. Kemudian, jagalah hubungan tersebut sebaik mungkin agar pelanggan lebih loyal kepada Anda.

Itulah beberapa faktor yang dapat meningkatkan potensi penjualan yang dapat kami berikan. Maksimalkan usaha Anda untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan dengan menggunakan sistem Customer Relationship Management (CRM). Dengan sistem CRM, Anda akan lebih mudah untuk memantau proses-proses penjualan serta proses dalam menyaring prospek. Dengan implementasi CRM dengan cara yang benar, Anda memiliki peluang untuk memperbanyak jumlah penjualan Anda. Infor lebih lanjut mengenai aplikasi CRM dari Sales1, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK