Return to site

Cara Meningkatkan Conversion Rate Untuk Sales & Marketing

Strategi dalam meningkatkan konversi penjualan

· Tips Sales,Tips Marketing

Mengontrol jumlah lead yang tepat di tempat pertama adalah hal yang sangat sulit. Terutama bagi Anda yang mengumpulkan banyak prospek tanpa penyaringan yang baik. Akan terlalu berisiko jika Anda tetap mempertahankan kondisi tersebut saat Anda ingin meningkatkan rata-rata konversi penjualan.

Berikut adalah cara untuk meningkatkan rata-rata konversi untuk memiliki pengelolaan yang baik terhadap lead.

1. Melakukan audit secara internal

Apakah Anda melakukan kampanye dengan mengirikan email, buletin, newsletter melalui formulir kontak pada website? Jika iya, coba lakukan pelacakan terhadap kontak-kontak Anda tersebut untuk mencari tahu siapa saja yang sering membuka email Anda. Maksimalkan data yang Anda miliki untuk mengetahui minat lead berdasarkan konten email yang Anda kirimkan kepada mereka. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui pola lead yang memiliki minat terhadap tema email yang dapat dimaksimalkan untuk penawaran produk yang tepat sasaran.

2. Tetapkan target yang realistis

Setiap program yang Anda canangkan untuk pertama kali tidak mungkin bisa mencapai hasil yang maksimal atau kurang memberikan ROI yang lebih besar. Untuk itu, pilihlah target yang realistis sebelum Anda mengharapkan hal yang besar. Contoh, rata-rata konversi dalam kampanye terakhir hanya 60%, maka Anda tidak bisa langsung mencangkan 99%, buatlah tingkat yang sedikit lebih tinggi tetapi masih realistis misal 65-70%.

3. Memanfaatkan website

Jika Anda fokus pada penjualan dengan siklus penjualan yang panjang seperti penjualan real estate, maka Anda harus memaksimalkan website untuk meningkatkan konversi. Karena dengan website Anda dapat menjangkau investor-investor diluar zona Anda untuk melakukan pembelian.

4. Mengukur kinerja tim

Jika Anda ingin memiliki tingkat konversi yang tinggi, maka Anda harus mengetahui bagaimana kinerja tim Anda. Tim yang bekerja lebih efisien dan memiliki proses penjualan yang lebih sederhana terbukti dapat meningkatkan konversi penjualan. Tim Anda juga harus mengetahui semua proses yang dijalankan oleh masing-masing sales. Dengan demikian tidak ada lagi persaingan kerja yang dapat mengurangi kualitas tim Anda.

Untuk memiliki tim yang dapat bekerja efisien dan proses yang lebih sederhana, Anda harus memiliki alat yang dapat memusatkan data secara otomatis berbasis cloud. Keterbukaan data ini akan meningkatkan kerjasama tim dan juga dapat membantu meningkatkan penjualan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com