Return to site

Cara Meningkatkan Penjualan Tanpa Harus Fokus Pada Kompetitor

Biarkan kompetitor bekerja sendiri, Anda fokus pada pelanggan!

· Tips Sales

Terkadang kita akan mencapai semangat tertinggi dalam menjalankan sesuatu adalah karena kompetitor. Tetapi, kadang apa yang kita lakukan ini justru berdampak semakin buruk untuk diri kita sendiri. Begitu pula dalam penjualan, kita merasa akan lebih semangat untuk meningkatkan penjualan apabila kita selalu memantau kompetitor dan berkompetisi dengan mereka. Padahal, peningkatan penjualan tidak hanya ditentukan oleh kompetisi saja. Jika dilakukan dengan benar, tanpa fokus pada persaingan atau kompetitor, penjualan Anda dapat lebih baik dari mereka. Bagaimana caranya? Berikut tips untuk Anda!

1. Mencari tahu apa yang diminati oleh pelanggan dan prospek

Pelanggan memiliki masalah, pelanggan memilih keinginan, pelanggan memiliki tujuan. Anda yang ingin menciptakan penjualan harus mengetahui apapun yang menjadi masalah, tujuan dan keinginan pelanggan dengan fokus pada minat mereka. Ketika Anda menyediakan produk/layanan yang dapat memenuhi semua yang dibutuhkan oleh prospek dan pelanggan, tentu tanpa fokus pada kompetisi pun Anda sudah dapat meningkatkan penjualan. Mengapa? Kunci penjualan ada pada pelanggan, kompetitor hanya menjadi batu sandungan untuk Anda. Jika fokus Anda pada minat pelanggan, maka tantangan dari kompetitor dapat Anda lewati dengan sangat mudah.

2. Jangan hanya mencari keuntungan dari pelanggan, layani dan jadilah ahli untuk pelanggan

Menjual produk secara terus-menerus kepada pelanggan memang baik. Tetapi, Anda jangan hanya ingin mencapai penjualan dengan pelanggan tetapi tidak pernah melayani mereka. Semakin sering Anda menawarkan produk tanpa layanan yang baik, maka pelanggan akan lebih cepat untuk meninggalkan Anda. Jika ingin meningkatkan penjualan, maka jadikan pelayanan ini sebagai nilai jual Anda bukan karena produk atau keuntungan saja. Selain memberikan pelayanan, Anda juga harus menerima komplain atau curahan hati pelanggan untuk menyelesaikan masalah-masalahnya. Ketika Anda menjadi ahli dalam mengatasi masalah produk/layanan dan juga masalah pelanggan, tentu pelanggan akan menambah pembelian dengan sendirinya.

3. Mengedukasi diri Anda sendiri

Pelatihan, pelajaran, penyesalan, kekecewaan, tantangan adalah bagian dari edukasi yang harus Anda kuasai. Pelatihan untuk meningkatkan kemampuan, penyesalan untuk memperbaiki diri, kekecewaan untuk menghindari ekspektasi yang terlalu tinggi dan tantangan adalah pelajaran untuk meningkatkan kemampuan secara keseluruhan dalam perjalanan penjualan Anda. Jika Anda hanya fokus pada kompetitor, tentu Anda akan melupakan poin-poin penting ini yang dapat menjadi sarana edukatif untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menjual dan mencapai pertumbuhan penjualan tanpa harus berlomba dengan kompetitor.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly