Return to site

Membandingkan Open Rates SMS v Email Marketing Di Indonesia

Melihat potensi email dan SMS untuk pemasaran di Indonesia

· Marketing,Tips Marketing

SMS marketing dan email marketing adalah dua metode pemasaran digital yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan awareness maupun untuk menghasilkan penjualan. Kita, mungkin lebih familiar dengan sistem pemasaran menggunakan email dibandingkan dengan penggunaan SMS. Alasannya, dengan menggunakan email, banyak kontak yang kita masukkan, dan tidak membutuhkan biaya tambahan untuk mengirimkannya. Sedangkan untuk SMS, kita akan dibebankan biaya pengiriman SMS sesuai dengan tarif yang berlaku pada masing-masing provider. Yang menjadi pertanyaan adalah, seberapa besar potensi pemasaran melalui SMS dan Email ini dijangkau oleh pelanggan di Indonesia? Berikut adalah beberapa data yang dapat kami berikan untuk Anda.

 

1. Open rates

Open rates adalah jumlah rata-rata email maupun SMS yang dibuka oleh pelanggan. Meskipun email yang Anda kirimkan di buka, bukan berarti ada tindakan yang akan dilakukan oleh pelanggan. Contoh, pelanggan menerima SMS, ia hanya membuka, tetapi tidak membaca isi pesan hanya untuk menghilangkan notifikasi. Open rates tentu berbeda dengan menandai email/SMS sudah dibaca. Penandaan email dan SMS telah dibaca sama dengan pesan Anda tidak dibaca oleh penerima. Lalu, seperti apa perbedaan open rates SMS dan email di Indonesia?

  1. 1 Open rates SMS
    Berdasarkan data (secara global) yang dirilis oleh VoiceSage 82% dari penerima SMS akan membuka semua SMS yang ia dapatkan. 90% penerima akan melakukan respon (membuka SMS) dalam tempo rata-rata 3 menit setelah notifikasi SMS masuk. Jika dibandingkan dengan data Esendex, open rates SMS secara global mencapai 94%.
  2. Open rates email
    Merujuk pada data yang dikeluarkan pada Q3-Q4 2018 lalu, tingkat open rates email marketing yang dikirimkan oleh marketer untuk pelanggan di Indonesia memiliki perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan dengan SMS. Karena, rata-rata email dibuka di Indonesia hanya berada pada kisaran 23%.

 

  1. Click-through rates (CTR)

Click through rates (CTR) adalah persentase impresi yang dihasilkan pada klik link suatu email maupun SMS. Seperti apa perbandingan CTR SMS dan Email marketing?

  1. 1 CTR SMS
    Berdasarkan data secara global, CTR dengan SMS marketing adalah sebesar 36%.
  2. 2 CTR Email
    Indonesia memiliki nilai CTR email yang sangat kecil. Dari open rates sebesar 23%, hanya ada pada persentase sebesar 2.39%.

 

  1. Click to open rates (CTOR)

CTOR adalah metrik untuk melihat persentase email yang dibuka dengan tingkat klik yang benar-benar dilakukan pada email maupun SMS.

  1. 1 CTOR SMS
    SMS memiliki tingkat CTOR sebesar 19%.
  2. 2 CTOR email
    Persentase CTOR email marketing di Indonesia hanya berada pada kisaran 9%.

Itulah beberapa metrik untuk membandingkan efektivitas SMS dan Email marketing di Indonesia yang dapat kami berikan. Dari data-data yang kami sebutkan, dapat disimpulkan bahwa, email marketing memiliki nilai yang lebih kecil dibandingkan dengan SMS marketing. Artinya, SMS cenderung lebih efektif untuk dijadikan salah satu bagian dalam pemasaran.

 

Semoga informasi ini dapat membantu Anda memilih metode pemasaran yang tepat. Apabila ada data atau metrik lain yang ingin Anda tambahkan, jangan ragu untuk ikut berkontribusi dengan menambahkan metrik yang Anda miliki pada kolom komentar di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly