Return to site

Cara Meningkatkan Produktivitas Tim Sales

Jika tim sales tidak produktif, coba trik ini!

· Leadership

Sebelum Anda memutuskan untuk memecat atau merekrut sales karena alasan mereka tidak produktif dalam menjual, ada baiknya Anda melihat dari sisi perusahaan terlebih dahulu. Hal ini berlaku bagi Anda sebagai pimpinan perusahaan maupun sales leader. Mengapa harus melihat dari sisi internal? Ada kalanya kegagalan yang dialami oleh sales adalah buah dari kesalahan internal yang dilakukan oleh perusahaan. Ketika perusahaan, baik pimpinan maupun sales leader hanya menilai kegagalan penjualan tim sales karena kinerjanya saja, perusahaan hanya akan memperlambat potensi untuk tumbuh.

Coba benahi strategi Anda terlebih dahulu, bawa tim sales bekerja lebih baik dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Tentukan pelanggan yang ideal menurut perusahaan

Jangan hanya mengarahkan tim sales untuk menawarkan atau menjual produk kepada semua orang. Anda harus memperhatikan siapa pelanggan Anda dan seperti apa yang Anda butuhkan. Pelanggan ideal bukan hanya berasal dari pelanggan yang melakukan pembelian besar atau dari Kalangan perusahaan besar. Memang perusahaan besar penting untuk portfolio Anda agar dapat menarik pelanggan baru, tetapi akan percuma jika perusahaan besar tersebut hanya menambah portfolio tetapi tidak dapat menghasilkan penjualan secara berkala.

2. Tentukan kriteria prospek berkualitas untuk perusahaan

Ada banyak prospek yang didapatkan oleh tim marketing, tetapi tidak semua prospek tersebut berpeluang untuk melakukan pembelian. Perusahaan harus melatih tim sales untuk memilih prospek yang berkualitas agar mereka tidak hanya bekerja untuk sesuatu yang tidak penting. Pimpinan perusahaan dan sales leader harus memberikan pelatihan kepada tim sales untuk menemukan prospek berkualitas. Jika perusahaan tidak membuat kriteria prospek berkualitas, bagaimana tim sales dapat memilih prospek dengan baik?

3. Menentukan proses yang dibutuhkan dan tidak untuk tim sales

Ketika tim sales tidak dapat menjual dengan baik, mulailah untuk melatih tim Anda menyaring proses yang dibutuhkan dan tidak. Dengan ini tim sales akan bekerja lebih efisien dan tidak membuang waktu dan tenaga untuk mengikuti proses yang tidak begitu penting.

4. Mengoptimalkan penjualan dengan struktur yang tepat

Mengoptimalkan penjualan juga perlu memperhatikan struktur penjualan yang dimiliki oleh perusahaan. Apakah selama ini perusahaan memiliki struktur penjualan dengan baik untuk membantu tim sales atau membiarkan tim sales membuat struktur penjualan sendiri yang bisa saja tidak sesuai dengan harapan perusahaan.

Ketika perusahaan tidak memiliki struktur penjualan yang tepat dan membiarkan tim sales bekerja dengan tidak terstruktur, jangan salahkan tim Anda ketika penjualan tidak bisa didapatkan. Dengan menciptakan struktur penjualan yang baik, tim dapat bekerja lebih terarah dan lebih maksimal dalam mengikuti proses-prosesnya. Karena penjualan merupakan buah dari fokus dan momentum yang diawali dari perusahaan. Maka perusahaan bertanggung jawab untuk memberikan arahan yang jelas kepada tim sales agar mereka dapat fokus untuk mendapatkan pelanggan.

Itulah cara untuk membuat tim Anda lebih produktif dalam menjual produk yang dapat kami berikan kepada Anda. Maksimalkan produktivitas tim Anda dengan mengadopsi platform CRM yang dapat membantu perusahaan dan tim bekerja lebih efisien dan lebih cepat dalam memutuskan pencarian pelanggan yang ideal, prospek yang berkualitas dan juga untuk membangun struktur penjualan yang lebih baik bagi perusahaan Anda.

Penasaran dengan kemampuan aplikasi CRM dalam membantu tim sales bekerja lebih produktif? Silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui email di hi@sales1crm.com. Tim kami akan merespon email Anda maksimal 2x24 untuk memberikan informasi yang lebih detail tentang pengaruh CRM terhadap produktivitas tim Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com