Return to site

Cara Membangun Tim Sales Yang Berkualitas

Kekuatan sales berawal dari tim yang hebat!

· Leadership

Mengapa tim sales yang kita temui mampu bekerja dengan sangat baik disertai penjualan yang signifikan, sedangkan sebagian lainnya tidak dapat menghasilkan penjualan dengan baik. Dari hasil tersebut, kita akan menemukan beberapa jawaban. Sebagian mengatakan keberhasilan penjualan bergantung pada produk, keahlian sales yang direkrut, iklim ekonomi dan alat yang digunakan oleh perusahaan.

Dari jawaban-jawaban tersebut dapat dikatakan benar, tetapi juga dapat dikatakan tidak sepenuhnya benar. Karena semua yang disebutkan merupakan satu kesatuan. Produk bagus tanpa iklim ekonomi yang baik, penjualan tidak dapat maksimal. Begitu juga dengan keahlian sales, keahlian ini tidak akan berlaku jika tidak memiliki produk yang berkualitas.

Jawaban yang lebih tepat mengapa perusahaan dapat menjual dan tidak adalah karena kekuatan dan kerjasama tim, bukan secara individu yang dilengkapi dengan kualitas produk. Ketika tim dapat bekerjasama dengan baik, sekalipun iklim ekonomi sedang mengalami pelemahan, penjualan dapat maksimal.

Apakah membangun tim sales yang hebat harus merekrut salesperson pengalaman? Tidak, ini adalah yang harus dipilih oleh perusahaan untuk dapat membangun tim sales yang berkualitas.

1. Cari tahu apa yang dapat membuat tim sales sukses

Sebagai leader, Anda harus terus melakukan riset internal berdasarkan data hasil penjualan yang didapatkan oleh tim Anda. Bandingkan tingkat kegagalan dan keberhasilan penjualan untuk dikonversi menjadi data guna membangun tim agar dapat mencapai kesuksesan penjualan berkelanjutan.

2. Memotivasi tim agar dapat mencapai kemampuan maksimal

Setiap anggota tim memiliki kekurangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda memiliki tugas untuk membawa tim mencapai kemampuan maksimalnya dalam bekerja. Memotivasi mereka saat mengalami kegagalan merupakan langkah positif yang dapat Anda terapkan agar kemampuan tim Anda setara satu sama lain.

3. Mengelola perencanaan eksekusi penjualan

Dengan kekurangan tim yang dimiliki, bukan berarti Anda tidak dapat memaksimalkan penjualan. Anda yang dipercaya oleh perusahaan untuk membawa tim sales pada performa penjualan yang baik, maka Anda harus memiliki perencanaan untuk ekseskusi penjualan. Maksudnya adalah, ketika salah satu tim menemukan masalah penjualan dengan prospek karena mereka belum pengalaman, maka Anda harus membagikan tugas tersebut pada sales yang lebih mumpuni yang Anda miliki. Tetapi, sebaiknya, berikan izin sales yang belum mampu menangani tersebut untuk ikut dalam prosesnya. Agar anggota tim ini dapat belajar bagaimana mengeksekusi penjualan yang lebih baik dari rekannya.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK