Return to site

Cara Mengoleksi Database Kontak & Efeknya Untuk CRM

Mengoleksi data dengan lebih baik

· Tips Sales,CRM Di Indonesia,CRM

Sebelum marketer mulai memasarkan dan mencari prospek untuk tim marketing, tentu mereka harus memiliki database target untuk mereka jadikan prospek. Nah, bagaimana cara mengoleksi data prospek atau target audiens untuk keperluan marketing agar memberikan efek positif untuk CRM Anda. Berikut tipsnya untuk Anda.

1. Memanfaatkan media sosial dan email

Mengoleksi data kontak,  dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan media sosial. Perusahaan dapat menyimpan data kontak prospek yang mengirimkan pesan secara langsung (DM) untuk mereka konversi sebagai lead. Cara ini membutuhkan waktu yang cenderung lebih cepat, kualitas data pun dapat masuk pada kriteria rata-rata jika kontak disimpan pada CRM. Artinya, ada kualitas data yang dihasilkan jika Anda benar-benar selektif dalam mengumpulkan data.

2. Marketing dengan konten maupun marketing tradisional

Marketing dengan memanfaatkan konten yang edukatif untuk audiens maupun marketing tradisional seperti melalui radio, TV, koran dan metode marketing tradisional lainnya memberikan data yang berkualitas untuk CRM Anda. Karena data-data tersebut berasal dari proses marketing yang dilakukan oleh perusahaan. Hanya saja pengembangan data kontak dengan cara ini cenderung lebih lambat, karena harus mengikuti proses marketing tersebut.

3. Event

Metode ini merupakan metode jadul yang dapat menghasilkan data kontak berkualitas untuk CRM Anda selain poin #2. Selain itu, dengan cara ini perusahaan dapat berinteraksi secara langsung dan bertatap muka dengan prospek untuk membangun kepercayaan dari awal. Hanya saja, proses untuk mengoleksi data prospek dengan cara ini sangat lama karena bergantung pada event yang Anda ikuti. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun cukup besar karena ada banyak persiapan yang harus dilakukan.

4. Melalui jaringan dan rekomendasi pelanggan lama

Cara lain untuk mengoleksi data untuk kontak CRM adalah dengan mengembangkan jaringan dan rekomendasi dari pelanggan lama. Kualitas data yang dihasilkan dari cara ini pun sangat berkualitas karena sesuai dengan target yang diharapkan. Namun, proses pengumpulan data dengan cara ini akan sangat membutuhkan waktu yang sangat lama.

Ilustrasi (c) Unsplash.com