Return to site

Tips Agar Bisa Closing Untuk Kesepakatan Yang Lebih Baik

Perbaiki potensi closing dengan cara ini!

· Tips Sales

Ketika upaya untuk penjualan hanya berakhir pada kegagalan, saat itu pula Anda harus segera memperbaiki strategi penjualan Anda. Selain memperbaiki strategi, berikut adalah tindakan yang dapat Anda lakukan untuk menunjang kesuksesan penjualan Anda.

1. Follow up

Kegagalan lebih sering terjadi karena salesperson enggan melakukan follow up prospek-prospek yang tidak membalas email, tidak merespon telepon maupun upaya komunikasi lainnya. Ketika Anda menemukan prospek yang memberikan respon lebih lambat, itu bukan mengartikan kalau mereka sudah tidak berminat dengan produk Anda. Sebelum prospek memberikan penolakan secara langsung, itu artinya Anda harus tetap mem-follow up. Hanya saja Anda harus mulai mengubah cara maupun waktu untuk menghubungi mereka.

2. Tidak perlu menanyakan kapan Anda akan meeting lagi dengan prospek tetapi memberikan tindakan yang nyata

Meeting dengan prospek sudah selesai, kebanyakan dari salesperson akan menanyakan kapan bisa melanjutkan pembicaraan selanjutnya. Sayangnya, bertanya seperti itu, biasanya akan dibalas dengan jawaban “kami/saya akan memberitahu Anda jika sudah ada waktu yang tepat”. Ketika sudah seperti ini, Anda hanya menunggu dan tidak memiliki kepastian. Hentikan pertanyaan tersebut, akhirilah meeting dengan kepercayaan diri tanpa harus bertanya kapan akan meeting selanjutnya. Tetapi, ganti pertanyaan tersebut dengan bertindak seperti mengirimkan proposal dan penawaran dengan diselingi beberapa informasi penting yang belum Anda berikan pada meeting sebelumnya. Dengan cara ini prospek akan lebih mudah menghubungi Anda untuk mengajak Anda meeting.

3. Menjaga hubungan secara personal dengan prospek

Keberhasilan Anda untuk menjual bergantung pada bagaimana cara Anda untuk membangun hubungan dengan pelanggan secara personal. Hubungan personal seperti apa yang dimaksud? Ketika Anda berhasil menjadi orang yang dianggap ahli oleh prospek, berarti Anda sudah memiliki satu kunci hubungan secara personal dengan prospek tersebut. Selanjutnya, ketika Anda berhasil menjadi konsultan bagi mereka, bukan hal yang sulit lagi bagi Anda untuk mulai masuk pada closing penjualan.

Maksimalkan waktu Anda dalam proses penjualan dengan implementasi platform CRM agar Anda dapat memaksimalkan semua peluang yang didapatkan. Cari tahu lebih lanjut tentang CRM dengan menghubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com atau melalui menu kontak kami.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK