Return to site

Edukasi Untuk Menjual Lebih Baik Part 5: CRM Untuk Bisnis & Sales

Memahami pelanggan, bisnis dan pasar dengan CRM

· CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia

Pada edukasi-edukasi sebelumnya kami telah memberikan informasi kepada Anda mengenai apa saja yang harus dilakukan berkaitan dengan pelanggan. Untuk bagian kali ini, kami akan memberikan isi dari sisi perusahaan Anda.

Sebelumnya, kami ingin bertanya apakah saat ini perusahaan Anda sudah menggunakan CRM?

Jika belum, artikel ini akan lebih tepat untuk Anda, dikarenakan pada edukasi kali ini kami akan membahas tentang CRM. Tetapi, bukan berarti artikel ini tidak tepat untuk perusahaan yang sudah menggunakan CRM. Karena, kami melihat masih banyak perusahaan yang tidak dapat mengoptimalkan CRM yang mereka miliki.

Edukasi #5: Implementasi CRM

Apabila Anda ingin menciptakan penjualan yang lebih baik, mulailah untuk menggunakan aplikasi CRM sebagai salah satu alat penjualan Anda. Jangan jadikan CRM ini sebagai kewajiban perusahaan saja, Anda juga perlu mengimplementasikan CRM untuk diri Anda sendiri dengan benar. Jika perusahaan Anda belum mengimplementasikan aplikasi ini, tidak ada salahnya untuk mencoba menawarkannya pada pimpinan. Jika Anda sudah menjalankan, mulailah dengan mengimplementasikannya dengan benar.

Secara ringkas, CRM dapat memperpendek siklus penjualan, meningkatkan ukuran rata-rata transaksi tim sales, membantu Anda mengurangi waktu untuk mengambil keputusan dan lain sebagainya. Pendekatan terbaik dengan menggunakan CRM adalah dengan menyesuaikannya berdasarkan metodologi penjualan perusahan. Sehingga Anda dapat menangkap semua informasi tentang prospek maupun pelanggan menjadi lebih baik.

Jika Anda menginginkan penjualan yang lebih baik dengan implementasi CRM, pastikan CRM yang Anda gunakan dapat menangkap hal-hal berikut in:

1. Motivasi pembelian yang dilakukan oleh pelanggan

Cari tahu apa saja yang telah memotivasi pelanggan Anda untuk melakukan pembelian, mengapa, apa dan kapan. Ketika Anda tidak mengetahui hal-hal ini, CRM yang Anda miliki pun hanya akan menjadi tools yang sia-sia.

2. Mencari celah untuk pembelian berikutnya

Peluang tidak akan menjadi keberhasilan jika tidak dimanfaatkan. Begitu juga dalam penjualan, salesperson tidak akan bisa menjual apabila ia tidak bisa mencari celah kapan ia harus menawarkan produknya kepada pelanggan-pelanggan yang sudah dimiliki. Artinya, ia harus mengetahui bahwa produk yang sudah dibeli sebelumnya sudah kurang layak dan harus mendapat pembaruan. Salesperson harus mengetahui, kapan pelanggan membutuhkan produk untuk menunjang bisnis dan lain sebagainya. Manfaatkan aplikasi CRM untuk menemukan celah tersebut agar pembelian ulang dari pelanggan lama didapatkan.

3. Masalah  yang dialami oleh bisnis pelanggan

Anda harus mendokumentasikan semua masalah-masalah yang dimiliki oleh pelanggan untuk dijadikan bahan yang tepat dalam menawarkan produk. Jika sebelumnya Anda menyimpan data pada secarik kertas atau spreadsheet, Anda dapat mulai memindahkannya pada sistem CRM agar data-data tersebut dapat Anda akses lebih friendly dan dapat Anda buka/perbarui di mana pun (on the go).

4. Strategi penjualan

Strategi penjualan yang dimiliki perusahaan harus dapat diakses oleh semua sales. Dengan demikian, strategi tersebut dapat diimplementasikan oleh salesperson lainnya agar bisa sukses dalam menjual secara bersama-sama. Disini peran CRM akan membantu salesperson maupun sales manager untuk membuat strategi yang dapat dibuka dengan mudah oleh timnya agar tidak ada persaingan di tubuh tim.

Ada banyak hal lainnya yang dapat Anda terapkan dalam CRM ini. Untuk lebih jelasnya Anda dapat menghubungi kami melalui email hi@sales1crm.com.

Itulah edukasi #5 yang dapat kami berikan dan menjadi artikel seri terakhir "edukasi untuk menjual yang lebih baik" kepada Anda, jika Anda belum membaca artikel sebelumnya, silakan Anda kunjungi link berikut ini:

Ilustrasi (c) Unsplash.com