Return to site

Edukasi Untuk Menjual Lebih Baik Part – 2: Peduli Pada Pelanggan

Tingkatkan penjualan dengan kepedulian

· Tips Sales

Sebagian besar sales representatif tidak cukup fokus pada pelanggan/prospek yang mereka miliki. Mereka tidak memahami kebutuhan prospek, tujuan pembelian prospek dan hal-hal lain yang berhubungan dengan keperluan prospek. Sales representatif hanya menawarkan produk karena sifat egois dari dalam dirinya yang mengejar target penjualan saja. Hasilnya, kegagalan untuk mendapatkan prospek membuat dirinya jenuh dalam bekerja karena menganggap produknya sulit untuk dijual.

Jika Anda ingin menjadi salesperson yang hebat dan ingin menjual produk lebih baik, maka Anda harus peduli dengan pelanggan/prospek Anda. Disini kami akan mengedukasi Anda, mengapa menjual dengan berdasar pada kepedulian terhadap pelanggan/prospek akan menghasilkan penjualan yang lebih baik untuk Anda?

Edukasi #2: Peduli terhadap prospek/pelanggan

Seperti yang kami sebutkan, untuk menjual lebih baik, Anda harus peduli tentang semua kebutuhan prospek bukan tentang Anda. Anda harus mencari semua informasi tentang apa yang penting bagi prospek, bisnis prospek, tujuan prospek dan target prospek. Jangan pedulikan hal-hal lain yang menyangkut target/tujuan pribadi atau perusahaan, karena dalam mencari pelanggan semua itu tidak bisa dijadikan acuan.

Kepedulian membawa pelanggan yang lebih baik

Alasan mengapa Anda peduli adalah untuk mendapatkan pelanggan yang lebih baik untuk masa depan perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mulai melakukan pergeseran dari yang awalnya hanya ingin menjual untuk kepentingan sendiri dan perusahaan, menjadi penjualan untuk membantu pelanggan/prospek.

Jadikan masalah mereka sebagai alasan agar mereka membeli produk Anda dengan memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Ketahuilah semua hal yang dapat memotivasi prospek untuk melakukan pembelian kepada Anda.

Jika Anda memiliki catatan proses baik itu berupa catatan tradisional maupun CRM, cobalah untuk memeriksa kembali catatan tersebut. Dengan melihat seluruh riwayat proses yang Anda miliki, Anda dapat membuat efek urgensi kepada prospek dengan memberikan solusi-solusi dari masalah bisnis, kompetisi, isu, tren dan lain sebagainya. Sehingga, proses penjualan pun lebih cepat tercapai dibandingkan dengan menawarkan produk secara langsung.

Ketika Anda berhasil mencapai penjualan dengan prospek ini, ia akan menjadi pelanggan yang lebih baik karena tingkat kepercayaannya lebih besar dari hasil pengembangan yang Anda lakukan sejak awal proses negosiasi. Potensi untuk menjadi pelanggan yang loyal pun akan lebih besar apabila Anda terus mengikuti perkembangan sesuai kebutuhan pelanggan Anda tersebut.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan penjualan yang lebih baik, selain mencari potensi dari pelanggan, Anda juga harus memiliki solusi atas kebutuhan pelanggan bukan untuk perusahaan Anda sendiri. Dengan pengetahuan Anda atas kebutuhan prospek, kualitas pelanggan yang Anda miliki pun akan lebih baik.

Anda juga dapat membaca artikel bagian sebelumnya:

  • Edukasi Untuk Menjual Lebih Baik #1: Menginginkan Penjualan

Ilustrasi (c) Unsplash.com