Return to site

Tips Sales: Lawan Rasa Takut Agar Sukses Mencapai Target Penjualan

Rasa takut boleh dipertahankan, tapi Anda harus tetap bertindak! 

· Tips Sales

Rasa takut akan kegagalan, penolakan dan hal-hal yang tidak pernah dicoba sebelumnya adalah beberapa alasan mengapa sales tidak berhasil mencapai penjualan dengan baik. Sebaliknya, orang yang mencapai kesuksesan dalam penjualan adalah sales yang berhasil melawan rasa takutnya tersebut dengan belajar mengerjakan hal-hal kecil dan keberanian untuk mengambil risiko.

 

Keberanian seseorang dapat timbul secara bertahap dan bukan dengan cara yang cepat. Ada pasang surut perasaan untuk memberanikan diri yang dialami dalam setiap prosesnya. Namun, dengan keberanian tersebut, pada akhirnya salesperson akan mampu membawa kesuksesan untuk mencapai target penjualan yang menjadi tanggung jawabnya terhadap perusahaan.

 

Lalu, keberanian seperti apa yang harus dimiliki oleh seorang sales untuk membantu kesuksesannya dalam mencapai target penjualan?

 

1. Tetap tegas untuk mempertahankan hal yang benar

Mempertahankan hal yang benar memang memiliki arti yang sangat luas. Mempertahankan hal yang benar disini adalah yang berhubungan dengan produk dan layanan yang Anda miliki, seperti kualitas, nilai dan harga. Sayangnya, sales kebanyakan kalah dengan prospek ketika mereka mulai meminta penurunan harga/diskon.

 

Sales dan perusahaan menilai lebih baik mengurangi keuntungan dibandingkan dengan mempertahankannya. Alasannya pun sederhana, sales ingin cepat-cepat membukukan penjualan dan berharap dapat menambah banyak pelanggan.

 

2. Membiarkan rasa takut dalam diri, tetapi harus berani mengambil tindakan.

Rasa takut memang perlu dimiliki oleh semua orang, karena dengan rasa takut ini seseorang akan bekerja lebih hati-hati. Dalam sales, takut artinya adalah untuk menghadapi prospek yang akan menolak penawaran. Hanya saja, sales juga harus berani mengambil tindakan dengan menciptakan berbagai strategi agar rasa takutnya tersebut dapat membuahkan hasil positif. Seperti dengan memperbaiki proses penjualan, memperbaiki negosiasi dan komunikasi serta hal-hal yang dapat mendorong sales dalam mencapai tujuan/target penjualan.

 

3. Bertahan ketika menghadapi kesulitan

Keberanian sales dalam menghadapi segala kesulitan adalah titik penting untuk mendapatkanhasil yang maksimal dalam penjualan. Tidak ada pasar yang selalu mudah untuk dilewati, itulah alasan mengapa sales harus bisa bertahan ketika menghadapi masa-masa sulit untuk penjualan. Jika Anda berkaca pada investor, mereka pasti pernah merasakan yang namanya kerugian besar dalam proses investasinya. Namun, jika mereka tidak berani bertahan untuk berinvestasi bekelanjutan, mereka tidak akan pernah merasakan kembali yang namanya kesuksesan.

 

Begitu juga bagi sales, sulit menjual karena banyaknya persaingan bukan berarti usaha sudah berakhir. Terus bertahan dengan membuat program-progam penjualan dan proses yang lebih baik menjadi tindakan yang sangat tepat untuk mencapai tujuan/target.

 

Itulah tiga hal yang harus bisa Anda ubah dalam kehidupan Anda sebagai sales agar tujuan/target penjualan yang menjadi tanggung jawab Anda bisa tercapai. Perlu Anda ingat, rasa takut pada kegagalan dan risiko penolakan akan selalu Anda temui dalam proses penjualan, hadapi perasaan tersebut dengan bijak dan beranikan diri untuk melawan rasa akut tersebut sebagai awal keberhasilan untuk Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com