Return to site

Tren Internet of Things Pada Tahun 2018

Pengembangan IoT tahun 2018

· News

Internet of Things (IoT) mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan tahun 2017 lalu. Ada banyak produk-produk yang hadir sebagai produk revolusioner tahun lalu yang tentu akan dikembangkan pada tahun ini sebagai penyempurna dari prototype sebelumnya. Nah, kira-kira apa saja yang akan menjadi isu utama pada IoT tahun 2018 ini?

Berikut adalah beberapa hal yang kami rangkum dan kemungkinan akan menjadi topik utama dalam pengembangan IoT selama tahun 2018.

1. Keamanan

Keamanan merupakan isu yang akan selalu ada pada setiap lini IoT. Tidak peduli apakah itu tradisional maupun modern, keamanan akan selalu menjadi hal penting yang harus mendapatkan perhatian. Dalam dunia teknologi, keamanan ini menjadi salah satu indikasi yang menjadi landasan kepercayaan para penggunanya.

Dikarenakan perangkat IoT akan tersambung pada banyak hal penting dalam kehidupan manusia, keamanan data dan privasi akan menjadi isu yang akan mengalami peningkatan utama. Karena satu serangan dari peretas pada perangkat IoT dapat berakibat buruk bagi para penggunanya.

2. Blockchain

Bagi masyarakat awam, ketika mendengar kata Blockchain mereka akan langsung ingat dengan salah satu mata uang digital yang menjadi perbincangan hangat beberapa tahun terakhir yaitu Bitcoin.

Bitcoin merupakan mata uang digital pertama yang mengadopsi teknologi blockchain dalam setiap transaksinya. Namun, tahukah Anda bahwa teknologi blockchain ini juga dimnafaatkan untuk berbagai kebutuhan yang salah satunya adalah untuk pengembangan IoT. Banyak ahli teknologi yang percaya bahwa blockchain dapat menjadi salah satu pendorong besar untuk IoT untuk mengurangi biaya produksi serta perantara pada proses pengiriman data.

Dengan blockchain, transaksi dan data perangkat dapat dikirimkan dengan basis peer-to-peer yang dapat megurangi pengeluaran biaya kontrak. Secara fundamental,  blockchain mengubah cara bisnis berinteraksi secara global dengan menyediakan ekosistem berkualifikasi yang dapat mengotomatisasi dan mengenkripsi setiap transaksi.

3. Smart city

Kota pintar (Smart City) merupakan konsep yang akan selalu dengan teknologi IoT di masa depan. Sebagai contoh, fasilitas publik, smart home, smart water dan lain sebagainya adalah bagian dari ioT yang akan dikembangkan lebih baik di masa depan. IoT dan Smart City disinyalir akan menjadi konsep yang sangat baik untuk memperbaiki pemerintah dalam upaya penghematan energi di masa depan.

Ilustrasi (c) Flickr.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK