Return to site

Nilai Kesederhanaan Dalam Aplikasi CRM

Mengadopsi CRM atau mengandalkan cara rumit

Implementasi aplikasi CRM adalah pilihan, tidak ada yang memaksa Anda maupun perusahaan untuk menggunakannya. Akan tetapi, CRM menawarkan sejumlah opsi besar yang dapat dilakukan oleh perusahaan dengan bantuan sistem guna mendorong penjualan. Jika Anda memiliki tujuan untuk bisa meningkatkan penjualan, CRM membantu Anda menemukan opsi yang paling tepat dengan sistem tertarget berbasis data.

 

Masalah utama dalam perusahaan untuk membuat strategi yang tepat dan terukur adalah data. Bahkan, untuk memasukkan data pun juga dapat menjadi suatu masalah bagi tim sales maupun marketing. Pada akhirnya, data tersebut terkumpul terlalu banyak, tetapi dari segi kualitasnya data tersebut tidak bisa dikatakan 90% berkualitas.

 

Aplikasi CRM, hadir untuk membantu tim dan perusahaan untuk mengumpulkan data yang lebih banyak dengan berbasis pada pelanggan maupun prospek bahkan data transaksi pelanggan. Semua data terkumpul dengan baik, tetapi tim tidak perlu membuka berbagai macam aplikasi atau sistem untuk mengakses data-data tersebut.

 

Contoh, sales tidak perlu membuka semua file data penjualan untuk melihat riwayat satu orang pelanggan yang melakukan pembelian. Untuk membuka riwayat transaksi yang dilakukan oleh satu orang pelanggan, tim hanya perlu melihat sebuah nama atau kontak dalam aplikasi CRM. Dalam satu aplikasi tersebut, sales dapat melihat riwayat pembelian, produk apa yang pernah dibeli, berapa jumlah pembelian dan lain sebagainya.

 

Anda hanya perlu menyederhanakan proses pencarian untuk memberikan layanan terhadap pelanggan lama yang akan melakukan pembelian tersebut. Ibaratnya, pelanggan lama ini menghubungi Anda untuk membeli produk dengan kategori A. Jika Anda ingin kesepakatan cepat tercapai, Anda hanya perlu fokus pada pencarian nama pelanggan tersebut, komplain yang pernah dikeluarkan, produk seperti apa yang diharapkan oleh pelanggan tersebut, kemudian membuat solusi berdasarkan data pada aplikasi CRM Anda.

 

Nilai kesederhanaan lain dari CRM adalah ketika tim Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk berbagi data dengan tim lainnya. Tim sales tidak harus kembali ke kantor untuk mengupdate data, semua dapat dilakukan lebih cepat dan akses real-time untuk semua sales.

 

Dengan CRM, Anda tidak perlu mencatat semua data dan informasi dari seorang pelanggan/prospek yang kemudian disebarkan satu persatu kepada seluruh tim. Memang, penggunaan email lebih memudahkan dalam berbagi data. Sayangnya, banyaknya email yang masuk pada masing-masing anggota tim, tidak menutup kemungkinan ia salah menghapus email yang masuk atau kesalahan-kesalahan lainnya.

 

Karena kunci sebenarnya dari kehadiran aplikasi CRM adalah kesederhanaan, maka semakin sederhana proses yang Anda buat akan semakin baik perjalanan maupun proses penjualan maupun pemasaran Anda. Semakin sederhana data, akan memudahkan Anda untuk menyaring informasi dengan mempertahankan informasi yang berkualitas dan membuang yang tidak terlalu penting untuk prosesnya.

 

Semakin sederhana dan semakin berkualitas semua data dan informasi yang dimiliki, akan lebih sedikit masalah yang akan dihadapi oleh perusahaan dalam hal pengolahan data.

 

Semua berada di tangan Anda, apakah Anda akan mengimplementasikan cara sederhana namun memiliki nilai yang rumit, atau menyederhanakannya dengan mengadopsi teknologi dalam penjualan. Jika Anda ingin mencari informasi lebih lanjut, bagaimana cara CRM menyederhanakan pemusatan data dan membantu proses penjualan ke arah yang lebih baik, Anda dapat menghubungi kami di hi@sales1crm.com. Tim kami akan dengan senang hati melayani dan menjelaskan kepada Anda.

Add paragraph text here.
All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK