Return to site

Cara Praktis Memperlakukan Prospek dengan Lebih Baik

Sikap seorang sales untuk prospek

· Tips Bisnis,Tips,Business Blog
Cara Praktis Memperlakukan Prospek dengan Lebih Baik

Siapa sih yang tidak ingin menemukan prospek yang lebih baik? Semua marketing maupun sales mengharapkan calon pelanggan seperti itu. Akan tetapi, untuk mendapatkan calon pelanggan prospek seperti itu, mungkin Anda akan mulai bertanya-tanya, apakah semakin banyak calon pelanggan (lead) yang masuk akan lebih baik atau kita hanya perlu meningkatkan produk yang kita miliki untuk mendapatkan prospek yang lebih baik?

Mungkin untuk menjawab pertanyaan tersebut tidak akan ada akhirnya. Semua orang memiliki cara berbeda dan metode berbeda pula untuk menjaring pelanggan prospek tersebut. Kami tidak akan memancing Anda untuk mencari jawaban tersebut, tapi kami akan memberikan tips agar Anda dapat bertemu dengan calon pelanggan prospek yang lebih baik hanya dengan bermodalkan pada prospek yang dimiliki saat ini.

1. Mengungkap informasi pribadi

Anda jangan salah paham dulu, ini bukan tentang mengungkap diri Anda, melainkan mencari tahu informasi dari pelanggan. Seorang sales akan lebih mudah mengembangkan komunikasi jika sales paham beberapa informasi pribadi calon pelanggan tersebut. Seperti keluhan dan pengalaman dari prospek tersebut. Lakukan pertemuan untuk mendapatkan informasi lebih dalam tentang apa yang mereka butuhkan terlebih dahulu, jangan melakukan pertemuan hanya untuk menawarkan barang atau jasa saja.

2. Follow up lebih cepat

Mem-follow up calon pelanggan prospek yang bertele-tele akan membuka peluang gagalnya diskusi. Lakukan follow up lebih cepat, hanya saja jangan terlalu cepat. Sebagai contoh, jika Anda berencana untuk mem-follow up 2 minggu kedepan, cobalah untuk mem-follow up seminggu setelah diskusi.

3. Berdiskusi tentang pelanggan, jangan tentang Anda

Ingat, tujuan dari percakapan Anda dengan prospek adalah untuk mencari tahu pengalaman dan kebutuhan yang diinginkan oleh pelanggan. Biarkan mereka berbagi pengalaman dengan Anda. Untuk memulai, bertanyalah. Karena dengan bertanya Anda akan mendapatkan cerita-cerita yang pernah mereka lalui. Sehingga Anda akan menemukan titik dimana produk Anda akan menjadi solusi untuk mereka.

4. Tingkatkan kepercayaan

Semakin cepat prospek memiliki rasa percaya dengan Anda, semakin cepat pula bagi mereka untuk melakukan bisnis dengan Anda. Jika memang Anda ingin menutup diskusi sebelum prospek memiliki keyakinan kepada Anda, pastikan bahwa itu memang cara satu-satunya yang dapat Anda ambil.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki cara tersendiri untuk memperlakukan calon pelanggan prospek. Jika tidak keberatan, Anda dapat berbagi pada kolom komentar dibawah ini. Jika Anda ingin mendapatkan tips-tips pilihan terbaik dari kami, silakan daftarkan email Anda pada kolom subscribe.

Ilustrasi (c) Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK