Return to site

Cara Sederhana Membuat Pelanggan Senang Dengan Produk/Layanan Anda

Pentingnya kesenangan pelanggan

· Tips Sales

Semua orang ingin senang, tidak ada satu pun orang yang akan memilih sedih atau susah. Bukankah demikian? Lalu, bagaimana dengan pelanggan Anda? Ketika kita berhadapan dengan produk atau layanan kita sendiri pun pasti pernah mengalami Kok begini ya pelayanannya, yang jual tidak ramah dan lain sebagainya”. Ketika sudah merasa seperti itu, apakah pelanggan Akan melakukan pembelian kembali? Meskipun ada, kemungkinannya sangat kecil.

 

Untuk itu, Anda perlu melakukan upaya-upaya agar pelanggan tidak merasakan hal tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

 

1. Menyiapkan suatu yang menarik

Bayangkan ketika Anda sedang berada dalam suatu antrean panjang untuk membeli tiket konser, tiket kereta api dan lain sebagainya. Apa yang Anda lakukan? Anda tentu mencari kesenangan sambil menunggu giliran. Begitu pula ketika Anda memiliki pelanggan, Anda dapat memberikan hal yang menarik untuk pelanggan-pelanggan Anda agar mereka lebih senang.

 

2. Melatih karyawan atau customer service untuk menyenangkan pelanggan

Pentingnya memberdayakan seorang karyawan maupun customer service untuk membuat pelanggan senang adalah kewajiban bagi semua perusahaan. Semua pelanggan akan berurusan dengan perwakilan perusahaan yang dalam hal ini meliputi karyawan dan juga customer service. Ketika pelanggan mengalami suatu hal yang mengecewakan dari pihak perusahaan, sedangkan perwakilan perusahaan hanya meminta maaf atas kesalahan, tentu ini tidak akan membuat pelanggan senang.

 

Lain halnya jika perusahaan memberikan insentif khusus untuk pelanggan yang telah dikecewakan seperti pemberian voucher atau semacamnya, tentu ini akan membuat pelanggan lebih senang. Ada satu cerita yang dapat kami ambil contoh saat salah satu tim kami mengalami masalah dengan driver transportasi online, dimana saat itu, driver yang seharusnya mengantar tim kami tidak datang sedangkan kredit sudah terpotong. Tim kami pun menghubungi customer service dan mendapatkan pelayanan dengan ramah. Selain itu, perusahaan juga memberikan insentif berupa tambahan kredit 100% dari total tagihan sebelumnya.

 

Tanpa basa-basi perusahaan pun langsung memproses dan tim kami pun mendapatkan kredit itu kembali plus tambahan kredit dari perusahaan kurang dari 12 jam. Perlakuan dari perusahaan yang seperti ini sangat patut di contoh oleh perusahaan Anda untuk meningkatkan kesenangan pelanggan.

 

3. Membuat kejutan untuk pelanggan

Semua orang suka kejutan spesial baik yang diberikan oleh orang-orang sekitar seperti keluarga dan pasangan. Manfaatkan cara ini untuk membuat pelanggan Anda senang dengan memanfaatkan momen-momen spesial dari pelanggan seperti kado ulang tahun. Cara ini akan lebih efektif untuk membuat pelanggan merasa senang dan akan meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.

Ilustrasi (c) Pexels.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK