Return to site

Pentingnya Proses Untuk Penjualan

Menjalankan proses penjualan dengan efisien dan benar

· CRM Di Indonesia

Banyak dari pelanggan-pelanggan Sales1CRM yang sekarang memanfaatkan aplikasi CRM untuk menjalankan semua proses prospek yang mereka miliki untuk meningkatkan penjualan serta menjaga hubungan baik dengan pelanggan-pelanggannya. Yang ini artinya, menggunakan CRM untuk mengelola lead dan mengubahnya menjadi peluang serta membuka hubungan dengan pelanggan menjadi yang terpenting selain mengikuti perang harga dengan kompetitor.

 

Mengelola proses sepenuhnya dalam satu tempat membuat perusahaan merasakan kemudahan yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan cara tradisional. Cara tradisional disini yang dimaksud adalah dengan memanfaatkan spreadsheet untuk menyimpan data pelanggan maupun dengan note pribadi sales. Dalam banyak kasus, implementasi CRM yang mereka lakukan adalah untuk memudahkan menjalankan bisnis.

 

Pelanggan-pelanggan kami yang mengimplementasikan CRM dengan benar mendapatkan data transaksi serta negosiasi yang jelas dalam platform CRM yang dapat diakses melalui Web App maupun dengan menggunakan Smartphone App.

 

Tetapi, dalam penerapan sistem ini ada satu hal penting dimana penggunaan yang cukup beragam untuk masing-masing bidang bisnis adalah untuk menyoroti pentingnya proses bisnis yang konsisten untuk semua pihak dalam perusahaan. Sementara yang berhubungan dengan pelanggannya, perusahaan dapat melihat semua proses yang sudah terpusat dan dapat diperbarui setiap waktu tanpa harus bersusah payah dalam menyalin atau memindahkan data untuk laporan antar departemen.

 

Dengan implementasi CRM ini perusahaan mampu melihat proses secara aktif dan dapat mendorong semua tim sales maupun departemen-departemen terkait sales dan marketing untuk meninjau ulang apakah proses penjualan sudah dilakukan dengan benar, efisien dan mudah dipahami. Sehingga, tidak ada tim yang merasa bahwa rekannya tidak bekerja, karena semua tugas yang sedang mereka kerjakan yang berkaitan dengan pelanggan dapat dipantau oleh tim maupun staf yang bertugas di kantor.

 

Kami sering menemukan ketika seseorang memerlukan orang lain untuk mengganti posisi saat hendak melakukan pertemuan dengan prospek mengalami kendala dan harus bertanya panjang lebar semua proses yang telah dijalani. Cara yang kurang efisien seperti ini merupakan proses yang harus segera dibenahi dan mereplikasi proses tersebut dalam sebuah proses baru yang lebih efisien. Dimana proses yang benar adalah proses yang lebih mudah untuk dilakukan dengan asumsi bahwa setiap proses dapat menyediakan metrik untuk laporan tim dan kontrol proses yang dibutuhkan.

 

Perencanaan tidak harus rumit, tetapi memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang bagaimana bisnis pelanggan kami dijalankan. Pertanyaan bagus yang sering kami temukan adalah “apakah semua orang dalam bisnis memiliki penjualan yang konsisten tentang bagaimana proses dilakukan?” pertanyaan lain yang tidak kalah menarik adalah ketika pelanggan kami bertanya “apa kriteria untuk mengubah prospek menjadi sebuah peluang dan berapa tahapan (siklus) yang harus dijalankan?” dan lain sebagainya.

 

Jika dengan penerapan cara tradisional, pertanyaan tersebut tentu akan sangat sulit untuk dijawab. Tetapi, dengan impelementasi CRM dengan benar, pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi lebih mudah. Karena, setiap proses dapat diawasi dalam satu tempat yakni CRM. Itulah pentingnya proses dalam meningkatkan penjualan dan bagaimana pelanggan kami merasakan kemudahan setelah implementasi CRM. Ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang CRM? Silakan hubungi kami melalui email hi@sales1crm.com

Ilustrasi (c) Unsplash.com