Return to site

Cara Sukses Menjual Tanpa Penawaran Berlebihan

Dengan promosi biasa-biasa saja, Anda tetap bisa menjual!

· Tips Sales

Banyak perusahaan yang sukses menjual produk dengan melakukan penawaran yang berlebihan. Contoh, diskon 40% - 60% atau beli 1 gratis 1 dan metode penawaran lainnya. Namun, sangat sedikit pebisnis atau sales yang sukses menjual tanpa penawaran berlebihan tersebut. Bagi sebagian sales atau pebisnis, mereka akan berpikir sangat mustahil untuk bisa melakukan hal demikian. Padahal, jika dilakukan dengan cara yang benar, Anda bisa menjual dengan tanpa memberikan penawaran yang berlebihan. Apa saja yang harus Anda lakukan?

1. Fokus pada branding daripada penjualan

Hal pertama adalah Anda perlu mengembangkan brand Anda dihadapan para calon pelanggan atau target pelanggan. Ketika sukses dalam membangun brand Anda, maka potensi keberhasilan dalam mengembangkan bisnis sangat besar. Mengapa? Calon pelanggan lebih sadar akan produk dan bisnis Anda, sehingga sangat mudah bagi mereka untuk mencari Anda ketika ada kebutuhan yang dapat dipenuhi dengan produk dan layanan Anda.

2. Lebih sering menjalankan iklan di media sosial untuk branding

Sosial media menjadi tempat berkumpulnya target pelanggan Anda. Manfaatkan kesempatan tersebut dengan menayangkan iklan bisnis dan produk Anda. Tak harus dibumbui dengan penawaran berlebihan, dengan menggunakan metrik dan demografi yang tepat, maka Anda akan lebih mudah untuk menghasilkan penjualan.

3. Manfaatkan sosial media bisnis untuk produk/layanan B2B

Jika Anda menjual produk atau menyediakan layanan untuk kepentingan bisnis, dan menyasar pelanggan dari kalangan bisnis (B2B), Anda harus memaksimalkan penggunaan media sosial profesional/bisnis. Contoh, sosial media untuk profesional dan bisnis adalah sosial media LinkedIn. Dengan sosial media ini, Anda akan lebih mudah dalam menghasilkan penjualan produk B2B.

4. Endors dan influencer

Endors produk Anda pada artist atau public figure yang sesuai dengan bisnis Anda. Mintalah mereka untuk mempromosikan produk/layanan Anda melalui sosial media mereka. Jika yang bersangkutan tidak bersedia untuk Anda endors, cobalah untuk bekerja sama dengannya melalui cara influencer marketing. Tetapi, influencer marketing dengan menggunakan influencer dengan jutaan follower tentu membutuhkan biaya yang sangat mahal. Pintar-pintarlah memilih influencer untuk bisnis Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com