Return to site

Cara Untuk Memetakan Wilayah Target Pasar

Temukan pasar yang potensial untuk produk Anda

· Tips Sales

Kunci keberhasilan dalam penjualan adalah dengan pemetaan wilayah pemasaran dan penguasaan pasar. Ketika tim sales dan tim marketing tidak memiliki wilayah pasti untuk menawarkan produk, tentu mereka akan lebih sering menghadapi kegagalan dalam menjalankan strategi-strategi dari perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan dan leader harus bisa membuat wilayah pemasaran yang jelas agar tim dapat fokus dalam bekerja untuk menguasai wilayah tersebut. Berikut adalah adalah beberapa tips untuk menciptakan wilayah penjualan maupun pemasaran.

1. Tentukan target pasar yang diinginkan

Anda tidak dapat masuk pasar untuk menawarkan produk dengan mudah. Ibaratnya, Anda ingin membeli barang, tetapi barang yang ingin Anda beli tidak bisa Anda lihat. Sekalipun bisa Anda lihat, produk tersebut ternyata tidak sesuai dengan harapan Anda. Hal ini juga terjadi pada Anda ketika langsung memasarkan/menawarkan produk pada pasar, tetapi pasar tersebut tidak sesuai dengan produk Anda. Oleh karenanya, mulailah dengan menentukan target pasar yang ingin Anda kuasai, kemudian mulai masuk untuk menawarkan produk jika pasar tersebut sesuai dengan kriteria Anda.

2. Memberi peringkat pada masing-masing target pasar

Setelah Anda menemukan target pasar, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan memberikan peringkat terhadap pasar tersebut. Penilaiannya pun harus dengan ketat untuk menjamin kualitas dan potensi yang akan Anda dapatkan ketika masuk pada pasar tersebut. Seperti mengelompokkan dari yang membutuhkan solusi besar, tingkat persaingan produk dan potensi pendapatan yang akan didapatkan. Tentu Anda yang memiliki bisnis sangat memahami kebutuhan-kebutuhan yang harus Anda masukkan dalam sistem peringkat pasar.

3. Memberikan penguasaan wilayah pada tim yang tepat

Setiap pasar memiliki tantangan dan kesulitan yang berbeda-beda. Sangat penting bagi Anda untuk memberikan tanggung jawab wilayah pada orang yang tepat. Sesuaikan pasar dengan kemampuan tim Anda, maka mereka dapat menguasai pasar sesuai  dengan baik dan produktif.

4. Mengevaluasi pada tiap wilayah secara berkala

Faktor kekuatan ekonomi, kebiasaan, daya beli dan kompetisi merupakan hal-hal yang berpengaruh pada peringkat wilayah pasar yang Anda kuasai. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu mengevaluasi wilayah pasar Anda. Dengan mengambil tindakan ini, Anda dapat memilih wilayah mana yang paling potensial dan wilayah yang tidak produktif. Sehingga akan sangat mudah bagi Anda untuk memutuskan apakah layak untuk dipertahankan atau tidak.

Itulah beberapa tips untuk memetakan pasar yang dapat kami berikan kepada Anda. Sebagai tambahan, jangan pernah menawarkan produk sebelum Anda menganalisa potensi wilayah setelah masa percobaan dilakukan. Karena setiap hasil dari percobaan penjualan pada pasar tersebut dapat dijadikan tolok ukur yang lebih pasti dalam menentukan kualitas pasar yang menjadi target penjualan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com