Return to site

Cara Untuk Menjadi Marketer Handal

Tips meningkatkan level marketing Anda

· Tips Marketing

Ingin menjadi seorang marketer handal tentu membutuhkan proses. Sebagian dapat melalui proses lebih panjang, sedangkan sebagian cenderung membutuhkan waktu yang lebih cepat dibandingkan yang lainnya. Apa yang menentukan pencapaian tersebut bukanlah dari latar belakang pendidikan, perusahaan maupun keluarga. Faktor utama yang dapat mendorong seseorang untuk menjadi marketer handal adalah karena niat dari dalam dirinya.

Anda bisa saja menemukan banyak tips tentang cara menjadi marketer handal di luar sana. Tetapi, mengapa Anda tidak bisa menerapkan semua tips tersebut dengan baik? Semua kembali pada diri dan motivasi Anda dalam bekerja. Untuk sekedar mengingatkan kembali atau menambahkan jika mungkin ada poin yang belum Anda temukan, berikut adalah beberapa cara untuk menjadi seorang marketer handal.

1. Mengembangkan relasi/jaringan

Selain membaca buku dan belajar dari senior Anda, cobalah untuk mulai mengembangkan jaringan bisnis Anda sendiri. Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda mengenali dan menemukan karakter-karakter orang yang nantinya masuk dalam kategori calon pelanggan berkualitas menurut Anda. Jaringan juga dapat memudahkan orang lain mengenal Anda yang berimbas pada mudahnya prospek mengetahui profil Anda.

2. Konsisten

Marketer harus konsisten dalam semua hal, baik saat membuat materi kampanye, konsisten mengikuti salespipeline, konsisten memilih maketing qualified leads dan lain sebagainya. Konsistensi mencerminkan keseriusan dan sikap profesional Anda pada prospek atau pelanggan. Selain itu juga dapat membawa kepercayaan prospek dan pelanggan untuk terus bekerja sama dengan Anda.

3. Manfaatkan momen dalam beberapa detik awal saat meeting

Meeting dengan prospek Anda harus membawa kepercayaan di awal pertemuan Anda. Mulai dai gaya bicara, sikap Anda dan lain sebagainya. Manfaatkan semua yang ada pada dalam diri Anda sebagai pengingat dan membuat kesan positif bagi calon pelanggan Anda. Karena pertemuan pertama adalah yang terpenting untuk melanjutkan proses yang lebih jauh.

4. Riset dan analisa data

Jangan hanya membuat kampanye dan program-program marketing, jika Anda ingin menjadi seorang marketer handal, merupakan tugas Anda untuk melakukan riset dan analisa data pasar. Tanpa data-data ini, Anda tidak akan bisa melakukan pemasaran yang baik. Karena data adalah satu-satunya yang dapat membantu Anda menemukan target pasar dan model marketing yang tepat untuk produk Anda.

5. CRM dan marketing automation

Alat penting untuk membawa Anda pada puncak karir yang baik adalah CRM dan marketing automation. Aplikasi ini meningkatkan produktivitas dan menambah efisiensi Anda dalam memikirkan strategi pemasaran yang baik.

Itulah beberapa tips untuk menjadi marketer handal yang dapat kami berikan kepada Anda. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar apabila Anda memiliki nilai-nilai tambahan untuk meningkatkan kemampuan seorang marketer.

Ilustrasi (c) Unsplash.com