Return to site

Modernisasi Pengolahan Data Dalam Penjualan

Teknologi untuk salesperson dan marketer

· Tips Sales,Tips Marketing,CRM

Semua perusahaan tentu memiliki cara sendiri dalam mengelola data internal. Seperti materi pemasaran, proses penjualan, data produk, pelanggan dan lain sebagainya yang dapat berdampak langsung pada pengalaman pelanggan. Ketika perusahaan tidak mengindahkan pengolahan data yang terorganisir, bukan hanya perusahaan yang menjadi korban kegagalan, tetapi dari sisi pelanggan pun akan mengalami kegagalan. Mengapa pelanggan bisa mengalami kegagalan? Jika dalam proses penjualan B2B, kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan yang dipercaya untuk menjadi vendor produk/layanan, akan berakibat pada lambatnya eksekusi perusahaan pelanggan untuk menciptakan peluang baru untuk bisnisnya.

Contoh, Anda memiliki jasa ekspedisi, banyak perusahaan online yang menggunakan jasa Anda untuk pengiriman pesanan pelanggan. Jika Anda mengirimkan produk dari perusahaan ke pembeli dari pelanggan Anda, pembeli tersebut dapat mengira bahwa pelanggan Anda lah yang tidak profesional. Padahal kesalahan utama berasal dari sisi Anda. Jika sudah seperti itu, tentu pelanggan Anda yang akan mengalami kerugian.

Memodernisasi cara Anda dalam mengelola data adalah bagian penting untuk menciptakan strategi penjualan yang lebih baik. Transfer data yang lebih cepat dari kantor satu ke kantor cabang lainnya, dari departemen satu ke departemen lainnya menjadi kunci keberhasilan Anda dalam menjaga pengalaman pelanggan yang lebih baik. Memodernisasi pengelolaan data dengan teknologi juga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. Sehingga jumlah pelanggan pun akan mengalami peningkatan, karena kepuasan yang diberikan oleh perusahaan.

Teknologi Memperbaiki Komunikasi Internal

Teknologi dalam penjualan yang terus mengalami perubahan membawa kabar baik untuk seluruh lapisan bisnis. Salah satunya adalah semakin mudahnya seseorang berkomunikasi dengan cepat. Jauh sebelum teknologi handphone muncul dan digunakan dalam bisnis, perusahaan kesulitan menghubungi tim sales ketika ada perubahan jadwal dari pelanggan.

Hadirnya teknologi handphone menjadi solusi bagi perusahaan dan tim sales untuk berkomunikasi dengan mudah saat menjalankan tugasnya. Selain itu, kehadiran email membawa kabar baik bagi perusahaan untuk memudahkan pelacakan hasil kerja tim sales. Terwujudnya model komunikasi yang lebih sederhana antara perusahaan dan pelanggan dengan email ini benar-benar dirasakan dengan baik. Biaya pengiriman pesan relatif lebih murah dan dapat dibaca dengan cepat oleh pelanggan. Sama halnya dalam komunikasi internal, tim dari semua departemen dapat berkomunikasi dengan cepat menggunakan email.

Mengurangi halangan dalam proses penjualan

Pengiriman surat dengan prospek melalui cara tradisional setidaknya membutuhkan antara 1 – 3 hari jika didukung infrastruktur transportasi yang baik. Seandainya teknologi email tidak pernah ditemukan, tentu pemesanan dan komunikasi dengan pelanggan tidak se-efisien saat ini.

Demografi data pelanggan pun mengalami masalah yang sama, tanpa hadirnya teknologi sistem pengelolaan data untuk demografi pelanggan, perusahaan hanya bisa melakukannya dengan cara manual. Ketika demografi pelanggan dilakukan dengan cara manual, dalam jangka waktu 6 bulan perusahaan sudah memiliki banyak tumpukan data yang harus diproses. Beruntungnya, teknologi telah mengelola demografi pelanggan ini dengan baik berdasarkan data-data pelanggan.

Modernisasi pengolahan data dengan aplikasi CRM dan teknologi penjualan lainnya

Berkaitan dengan pengolahan data yang lebih efisien dan mampu meningkatkan produktivitas tim sales, di era digital seperti saat ini hampir semua kebutuhan bisnis sudah di digitalisasi. Inilah yang perlu Anda manfaatkan untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda.

Menggunakan aplikasi CRM adalah salah satu contoh teknologi yang dapat Anda implementasikan untuk mengolah data-data pelanggan. Dengan aplikasi ini, tim sales dan tim marketing dapat melihat perubahan data pelanggan dan penjualan dengan cepat tanpa harus menunggu kembali ke kantor. Aplikasi CRM juga dapat meminimalisir double contact yang dapat berakibat pada, tim yang menghubungi satu pelanggan/prospek beberapa kali untuk melakukan follow up.

Ini hanyalah merupakan contoh sederhana dari implementasi CRM untuk mengelola data Anda agar lebih baik. Anda masih memiliki banyak peluang-peluang lain dari teknologi dalam penjualan untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas perusahaan secara keseluruhan.

Kesimpulan

Teknologi dalam penjualan bukanlah ancaman yang harus Anda hindari. Tetapi, teknologi-teknologi hadir untuk meningkatkan kepuasan dan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Ketika implementasi teknologi dalam perusahaan dilakukan dengan benar, pelanggan dan perusahaan Anda pun akan sama-sama diuntungkan. Ingin berbicara lebih lanjut tentang salah satu teknologi penjualan yakni aplikasi CRM? Silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com