Return to site

Cegah Kehilangan Pelanggan Anda Dengan Cara Ini!

Hal-Hal Yang Tidak Dapat Dilewatkan Untuk Menjaga Pelanggan​

· Tips Sales

Mengambil hal-hal positif dari pelanggan itu penting, karena itu menjadi salah satu cara yang dapat membawa Anda pada keberhasilan. Jika Anda hanya mementingkan produk Anda sendiri, tetapi tidak pernah belajar dari pelanggan, tentu pelanggan-pelanggan Anda akan semakin berkurang. Karena, Anda tidak dapat memenuhi apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Jika perusahaan sudah kehilangan pelanggan dan itu berlangsung secara terus menerus, imbas terburuknya adalah pendapatan semakin berkurang setiap bulannya.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan jika tidak ingin kehilangan pelanggan-pelanggan Anda!

1. Memberikan ruang pada pelanggan untuk memberikan masukan

Semua perusahaan memberikan peluang agar pelanggan-pelanggannya mengirimkan masukan atau kritikan. Sayangnya, bagian ini kebanyakan hanya menjadi masukan yang tidak berguna bagi perusahaan. Yang mana, kritikan menjadi pelengkap bisnis yang tidak pernah diikuti dan tidak diperbaiki. Padahal kritikan dan masukan dari pelanggan ini merupakan langkah baik untuk bisnis Anda di masa depan. Jika Anda tidak menghiraukan, bukan tidak mungkin pelanggan akan mulai menurunkan pembeliannya dari waktu ke waktu hingga akhirnya berpindah pada kompetitor karena merasa sudah dikecewakan perusahaan dan tidak ada itikad baik dari perusahaan untuk memperhatikan pelanggannya.

2. Fokuskan bisnis Anda pada pembelian kedua, ketiga dan seterusnya dari masing-masing pelanggan

Jika Anda mengharapkan satu pembelian dari pelanggan, Anda bisa mencari lead secara terus-menerus dan membiarkan pelanggan lama tidak mendapatkan perhatian. Namun, cara ini memiliki kekurangan dimana proses membutuhkan waktu yang lebih lama, potensi penurunan pembelian saat pasar dan minat pelanggan mengalami penurunan sangat besar. Berbeda jika Anda fokus untuk meningkatkan pembelian kedua, ketiga dan seterusnya dari semua pelanggan yang Anda miliki, ini akan jauh lebih efektif dan tetap stabil saat pasar sedang mengalami penurunan.

3. Memberikan program yang menguntungkan pelanggan

Anda tentu mengenal program afiliasi, program ini merupakan strategi yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Selain mendapatkan pelanggan baru, pelanggan lama pun mendapatkan manfaat dari apa yang sudah ia berikan kepada perusahaan. Memberikan penawaran afiliasi seperti ini tentu akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan bisnis.

4. Selalu meminta ulasan

Luangkan waktu Anda untuk mengirimkan email kepada para pelanggan setidaknya 3 bulan sekali untuk memberikan ulasan produk dan layanan Anda. Selain membuat pelanggan merasa diperhatikan, Anda juga dapat mengintrospeksi diri agar terus memberikan pelayanan yang baik.

Ilustrasi (c) Flickr.com CC