Return to site

Cloud Based CRM di Indonesia: Manfaat Implementasi CRM

Apa manfaat cloud based CRM dalam bisnis di Indonesia?

Cloud Based CRM di Indonesia: Manfaat Implementasi CRM

Dalam jumlah yang cukup besar, Web Based CRM berhasil meningkatkan banyak manfaat untuk sales management perusahaan. Dengan mengimplementasikan Cloud Based CRM pada perusahaan Anda dapat mengartikan bahwa perusahaan Anda telah sedikit lebih maju dalam teknologi menjaga hubungan dengan pelanggan.

Penerapan Cloud Based CRM di Indonesia sangat lah penting, karena dengan cloud based CRM ini tim sales akan lebih mudah dalam mengakses CRM, berkolaborasi dengan anggota lainnya dalam tim sales serta secara konsisten mengupdate data pelanggan. Itulah mengapa Cloud Based CRM dapat meningkatkan performa dan produktivitas tim sales dan marketing.

Benefit penerapan Cloud Based CRM di Indonesia

Kita semua tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat luas yang membentang dari barat ke timur. Tanpa penerapan sistem yang efisien, perusahaan-perusahaan kecil dan menengah di Indonesia tidak akan bisa bergerak dengan cepat untuk berpacu dengan perusahaan-perusahaan besar.

Selain masalah budget kampanye, perusahaan besar telah lebih dulu menerapkan CRM untuk melihat bagaimana produk-produk dan layanannya diterima oleh pelanggan. Perlu Anda ketahui, pada kenyataannya tidak harus menjadi perusahaan besar untuk bisa mengimplementasikan CRM dalam perusahaan Anda. Karena Anda dapat memanfaatkan layanan yang diberikan oleh pihak ketiga dengan sistem cloud based CRM untuk perusahaan Anda sendiri. Selain itu ada beberapa manfaat yang akan sangat berguna bagi perusahaan yang menjalankan usahanya di Indonesia dengan bantuan penerapan Cloud Based CRM di Indonesia.

1. Akses yang mudah dan dapat berbagi informasi kepada tim lain kapan pun dan dimana pun.

Untuk bisa mengakses data atau menambahkan data secara tradisional akan sangat memakan banyak waktu. Contohnya, seorang tim sales sedang berada diluar, jika ia membutuhkan data pelanggan secara lengkap, petugas ini harus kembali ke kantor atau berhenti sejenak untuk menelpon kantor dan menanyakan tentang data pelanggan tersebut.

Kejadian seperti ini sangat umum terjadi dalam dunia bisnis. Cara tradisional di Indonesia sudah tidak lagi dapat dijadikan acuan dalam menjalankan bisnis. Karena mobilitas dan persaingan yang semakin ketat akan semakin meninggalkan perusahaan apabila tidak mengimbangi dengan bekerja cepat. Dengan Cloud Based CRM, seorang sales atau marketing bebas mengakses data, menambah data atau hal-hal lainnya yang berhubungan dengan pelanggan dalam satu kali sentuhan.

2. Selalu update fitur dan fungsi terbaru

Jika Anda menggunakan Cloud Based CRM, setiap perubahan yang dilakukan di server utama akan ikut terupdate pada server-server lainnya. Tidak hanya perubahan data, perubahan fitur dan fungsi yang diberikan oleh penyedia cloud based CRM dapat Anda gunakan di hari yang sama tanpa harus re-install. Lain halnya dengan CRM tradisional yang menggunakan kertas atau PC, setiap perubahan harus menunggu waktu. Jika tradisional harus menunggu sales kembali ke kantor dan mengerjakan laporan, jika di PC, sales harus menginput data di PC kantor dan lain sebagainya. Cara tersebut sudah pasti membutuhkan banyak waktu yang merugikan tim sales maupun marketing yang Anda miliki. Dengan Cloud, satu sentuhan untuk semua perubahan.

Dengan dua manfaat ini saja sudah banyak waktu yang bisa lebih dimanfaatkan tim sales untuk menargetkan penjualan. Padahal, manfaat-manfaat implementasi cloud based CRM di Indonesia masih banyak yang tidak kami sebutkan dalam artikel ini. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih detail mengenai CRM, silakan hubungi kami melalui email hi@sales1crm.com

Ilustrasi (c) Pixabay.com