Return to site

CRM Dalam Meningkatkan Efisiensi Bisnis Pertanian

· CRM Software,CRM Indonesia

Dalam berbicara tentang suatu bisnis, maka kita harus memahami bahwa setiap bidang atau sektor bisnis memiliki ciri khasnya sendiri yang tidak dapat Anda ubah. Oleh karena itu, ketika Anda ingin menggunakan sistem CRM, maka penyedia solusi CRM yang Anda pilih harus bisa memenuhi untuk memfasilitasi beberapa proses bisnis yang Anda jalankan, bukan memperumitnya. Begitu pula dalam bisnis yang bergerak di bidang pertania, tentunya setiap perusahaan perlu memilih software/sistem CRM yang dapat sesuaikan dengan perusahaan itu sendiri. Karena, pada dasarnya setiap penggunaan sistem CRM adalah untuk bekerja dengan pelanggan, membangun hubungan dengan pelanggan, maka sistem CRM pilihan Anda ini harus dapat memproses dengan metode yang lebih mudah dan efesien. Jadi CRM untuk bidang seperti pertanian harus dipilih atau dikembangkan berdasarkan kebutuhan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Setidaknya, sistem CRM yang Anda pilih harus bisa mempermudah Anda untuk mengidentifikasi setiap peluang dan prospek bisnis pertanian yang Anda jalankan.

CRM untuk bidang seperti agribisnis haruslah sistem yang mampu menyimpan data yang dimiliki perusahaan dengan baik. Selain itu juga dapat mengidentifikasi setiap pertumbuhan produk yang ditawarkan, misal pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta pemantauan penjualan tentunya. Perusahaan yang ingin menggunakan sistem CRM untuk agribisnis harus bisa menganalisis kebutuhan dan preferensi pelanggan mereka untuk menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, kemampuan sistem CRM dalam beberapa hal berikut:

  • Daftar tugas yang didasarkan pada siklus alami

  • Penyimpanan data gudang dan aset fisik lainnya

  • Manajemen dokumentasi

  • Mengontrol efisiensi kerja karyawan

  • Otomatisasi dengan bantuan CRM

Dengan menggunakan CRM dalam bisnis pertanian Anda, Anda dapat berhubungan dengan pemasok, pelanggan, dan sebagainya. Tepatnya, ia mampu menyimpan kontak, menambahkan informasi tentang penawaran, mendapatkan akses ke riwayat harga dan banyak lagi.

Secara umum, sistem CRM dimaksudkan untuk mengurangi biaya dan risiko (terkait dengan faktor manusiawi atau human error). Berbicara tentang apa sebenarnya yang diotomatisasi melalui sistem CRM, berikut adalah contohnya:

  • Menawarkan penawaran pembelian terbaik

  • Memantau seberapa efektif manajer Anda

  • Memberi kesempatan untuk bekerja dari jarak jauh

  • Mengizinkan pengguna untuk mengakses hanya informasi yang seharusnya mereka lihat

Pada intinya, Anda dapat mengelola bisnis Anda menggunakan fitur ini dan banyak fitur lainnya yang berbeda tergantung pada penyedia CRM yang Anda gunakan. Jika Anda berminat untuk mulai menggunakan sistem CRM tanpa harus mengembangkan dari awal, Anda dapat menggunakan sistem CRM dari Sales1, informasi lebih lanjut silakan hubungi tim kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com