Return to site

CRM Indonesia 101: 8 Solusi CRM Untuk Menyelesaikan Masalah Perusahaan

· CRM Software,CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia

Setiap perusahaan memiliki masalah dan umumnya masalah tersebut adalah masalah efektivitas, efisiensi dan produktivitas tim sales dan marketing dalam bekerja. Karena, masalah yang timbul ini akan memberikan pengaruh secara langsung terhadap penjualan dan pemasukan perusahaan. Ketika tim bekerja tidak maksimal, maka target penjualan pun tidak akan didapatkan secara maksimal. Maka dari itu, sistem CRM diciptakan untuk memberikan solusi kepada perusahaan-perusahaan yang mengalami masalah berikut ini:

1. Data Terdesentralisasi yang Berantakan

Salah satu tantangan terbesar yang dapat dihadapi bisnis adalah menangani data yang berantakan dan tidak terorganisir dengan baik. Ini bisa menjadi masalah yang jauh lebih serius ketika Anda mencari informasi penjualan penting tetapi harus melihat melalui lusinan berbagai dokumen, bagan, dan spreadsheet. Solusi CRM akan memusatkan semua data Anda dan memudahkan Anda menemukan apa yang Anda butuhkan, tepat saat Anda membutuhkannya.

2. Alur Kerja Tidak Teratur

Memiliki solusi CRM berarti Anda dapat menstandardisasi alur kerja berbagai tugas. Ketika tim Anda mengerti bagaimana mereka harus melanjutkan tugas-tugas tertentu dan mengerti bagaimana memasukkan data tertentu ke dalam sistem, hal itu akan mengurangi kebingungan dan meningkatkan produktivitas. Ketika karyawan mengerti apa yang diharapkan dari satu sama lain dan mengerti apa yang diharapkan dari CRM, pekerjaan mereka akan berjalan lebih mudah.

3. Layanan Pelanggan Lemah

Memberikan layanan pelanggan yang berkualitas tanpa alat dan fitur berorientasi layanan dapat menjadi tantangan. Untungnya, banyak solusi CRM menawarkan berbagai fungsi layanan untuk pelanggan. Layanan ini termasuk tiket pelanggan, telepon dan pesan, bot percakapan, manajemen perjalanan pelanggan dan banyak lagi. Banyak CRM dikembangkan dengan mempertimbangkan kebutuhan atau industri tertentu, sehingga mudah untuk menemukan solusi yang sangat berfokus pada layanan pelanggan sesuai dengan industri Anda.

4. Prakiraan Penjualan yang Tidak Akurat

Salah satu cara terbaik CRM dapat membantu bisnis Anda adalah dengan menggabungkan data yang dikumpulkan dari berbagai sumber dan menggunakan data tersebut untuk memprediksi penjualan Anda di masa mendatang. CRM dapat menganalisis tren dan kebiasaan penjualan masa lalu, memprediksi pendapatan penjualan yang dapat dicapai dan membantu rencana bisnis Anda untuk pertumbuhan di masa mendatang. Ini adalah fitur penting untuk semua bisnis di tingkat perusahaan.

5. Produktivitas Kerja Jarak Jauh Rendah

Dengan solusi CRM berbasis cloud, jauh lebih mudah bagi tim untuk bekerja dari rumah atau mengakses dokumen penting saat melakukan perjalanan bisnis. Mereka membutuhkan laptop dan akses internet. Ini juga menjadi semakin populer bagi vendor CRM untuk menawarkan solusi CRM seluler yang memanfaatkan fitur seluler seperti GPS dan kamera. Ini juga berarti bahwa tim Anda dapat menjadi produktif dengan satu perangkat seluler tanpa harus membawa laptop.

6. Komunikasi Dengan Pelanggan Buruk

CRM adalah cara yang bagus untuk meningkatkan komunikasi Anda dengan prospek, klien, dan pelanggan potensial. Anda dapat dengan mudah menelepon, mengirim pesan atau mengirim email ke kontak Anda dari satu lokasi. Akses log semua interaksi Anda sebelumnya dengan kontak tersebut dengan mudah atau akses riwayat pembelian pelanggan yang ada untuk menjawab pertanyaan atau masalah mereka. Banyak CRM yang dikembangkan untuk memungkinkan Anda merespons melalui sistem pesan media sosial.

7. Kolaborasi Penjualan dan Pemasaran Sedikit atau Tidak Ada

Karena CRM memusatkan proses dan data yang berbeda, ini adalah cara yang bagus untuk mendorong atau meningkatkan komunikasi antara tim pemasaran dan penjualan. Tanpa tim pemasaran, penjualan tidak akan memiliki siapa pun untuk ditindaklanjuti. Tanpa tim penjualan, pemasaran tidak memiliki tujuan yang jelas. Mereka sangat terhubung tetapi seringkali terpisah satu sama lain dalam lingkungan bisnis. Dengan CRM, komunikasi dan berbagi informasi menjadi lebih mudah.

8. Sistem Laporan Yang Lemah

CRM Anda dapat memberi Anda laporan seketika berdasarkan data penjualan dan pemasaran. Banyak solusi juga memungkinkan Anda membuat laporan khusus dengan bagan, grafik, dan alat bantu visual lainnya. Ini sangat membantu bagi pengguna yang sering mengadakan rapat. Dengan CRM, Anda dapat dengan mudah dan cepat membuat laporan, siap untuk meeting dan akan terlihat lebih profesional berdasarkan data terbaru.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK