Return to site

CRM Indonesia 101: Bagaimana CRM Menambah Nilai Perusahaan?

· CRM,CRM Software

Masih melanjutkan seri Artikel CRM Indonesia 101 untuk Anda, pada bagian kali ini, kami akan membawa Anda untuk lebih mengenal lebih dalam mengenai bagaimana sistem CRM ini dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih baik. Berikut adalah beberapa hal bagaimana CRM dapat menambah nilai bagi perusahaan:

1. Merampingkan proses bisnis

Ada banyak tugas berulang yang jika dilakukan secara manual akan menghabiskan banyak waktu dan membuat proses bisnis menjadi tidak efisien. Selain itu, selalu ada kemungkinan kesalahan manusia saat menangani data. Fitur otomatisasi alur kerja di CRM akan memberikan standardisasi urutan aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Salah satu platform otomatisasi yang paling umum adalah otomatisasi pemasaran, otomatisasi penjualan, otomatisasi manajemen akun, dan otomatisasi dukungan. Semua ini akan membuat jam kerja Anda lebih produktif dan bermanfaat dengan menyelesaikan tugas-tugas rutin dan berulang untuk Anda. Inefisiensi yang disebabkan oleh hal atau prosedur yang tidak perlu sepenuhnya dihilangkan dan tim Anda menjadi lebih produktif dan berorientasi pada hasil.

2. Meningkatkan kerjasama antar semua departemen

Untuk memastikan bahwa pelanggan diberikan pengalaman terbaik, setiap departemen baik itu penjualan, pemasaran atau layanan pelanggan perlu bekerja dalam koordinasi yang baik satu sama lain. Marketer mengurus akuisisi lead dan menjaga hubungan dengan lead. Setelah lead memenuhi syarat, prospek diteruskan ke staf penjualan yang tugasnya adalah mencari tahu kebutuhan pelanggan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Akhirnya adalah tanggung jawab staf dukungan pelanggan untuk memberikan layanan purna jual yang sangat baik sehingga pelanggan puas dan melakukan pembelian ulang.

Sistem CRM akan bertindak sebagai saluran tunggal di mana setiap interaksi dengan prospek dapat dilihat, tindakan yang dipersonalisasi dapat diambil oleh departemen terkait. Umpan balik dapat dengan mudah dibagikan di antara tim dari semua departemen untuk meningkatkan kemungkinan mengubah prospek menjadi pelanggan jangka Panjang.

3. Buat keputusan berdasarkan data

Untuk berhasil di zaman sekarang ini, bisnis Anda perlu menjadi perusahaan yang berorientasi pada customer centric. Bagaimana Anda bisa melakukan ini?

  • Dengan mengumpulkan data yang dihasilkan ketika tim Anda berinteraksi dengan pelanggan dan kemudian dengan menganalisisnya untuk menggali wawasan berguna yang dapat dimasukkan dalam proses pengambilan keputusan.
  • Keuntungan terbesar memiliki perangkat lunak CRM adalah seluruh data Anda terkonsolidasi dan disimpan di satu tempat. Dari profil pelanggan hingga riwayat pembelian pelanggan, setiap interaksi yang Anda lakukan dengan pelanggan kini dapat didokumentasikan.
  • Pelaporan dalam CRM memberikan pandangan menyeluruh tentang kinerja bisnis Anda. Ini memungkinkan Anda mengumpulkan data dari berbagai modul untuk menghasilkan laporan dan membuat keputusan yang tepat.
All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK