Return to site

CRM Indonesia 101: Implementasi, Kegagalan & Langkah-Langkah Dalam Menggunakan CRM

· CRM Software,CRM Indonesia

Memikirkan kembali strategi dan penggunaan platform manajemen hubungan pelanggan (CRM) Anda adalah upaya yang sangat penting bagi perusahaan mana pun, terutama perusahaan di mana masa depan pertumbuhan perusahaan bergantung pada kecanggihan dan kelengkapan solusi Anda. Ketika Anda mengevaluasi status sistem CRM Anda saat ini, Anda akan menyadari bahwa tidak ada area bisnis atau proyek yang tidak terpengaruh. Kompleksitas dari setiap perubahan di area ini sangat luar biasa, tetapi jika Anda memulai di satu tempat di awal Anda dapat menyelesaikan masalah dengan tepat dengan membangun sistem CRM yang fleksibel.

Solusi CRM pilihan Anda harus tersedia di berbagai saluran penjualan dan pemasaran, serta harus memahami seperti apa pelanggan Anda. Setelah Anda memahami hal ini, maka Anda perlu mengubah cara Anda bekerja untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda. Anda mungkin harus mengubah struktur perusahaan, gaji dan tunjangan, dan pelatihan yang diamanatkan.

Menetapkan tujuan

Bagian utama dari implementasi CRM adalah Anda harus memulai tepat pada saat pertama keterlibatan pelanggan. Saat pengunjung membuat keputusan untuk membeli produk Anda, apakah itu layanan, objek, atau keduanya, dan memasuki sistem Anda, maka hubungan Anda dengan orang itu sebagai pelanggan dimulai. Mereka sudah memiliki harapan tentang hubungan mereka dengan Anda, dan Anda harus tahu apa harapan itu dan Anda harus memenuhinya.

Kegagalan dalam implementasi CRM

Keberhasilan penerapan sistem CRM Anda bergantung pada pemahaman yang jelas tentang tujuan dan peran khusus yang dimiliki setiap tim dalam menggunakan sistem. Pertama, Anda harus tetap pada tujuan yang spesifik dan realistis. Miliki rencana yang jelas dan ringkas untuk manajemen perubahan untuk melawan kegagalan ini. Ini bukan pekerjaan untuk menjadi lemah dan manajer memiliki peran penuh untuk membuat implementasi CRM ini berhasil atau akan gagal.

Langkah-langkah penting dalam implementasi Anda

Tim harus mengidentifikasi skenario yang menentukan apa hubungan pelanggan yang sukses dan di mana interaksi pelanggan gagal. Dokumentasikan semua proses, sehingga tim Anda dapat mengembangkan peningkatan, anggaran, dan menetapkan tujuan untuk menentukan waktu implementasi. Selanjutnya, buat poin dampak yang perlu Anda tangani.

  1. Pengembangan Proses: Buat proses yang jelas untuk orang-orang Anda yang akan menggunakan sistem CRM. Mulai dari pemasaran dan manajemen prospek, sales, akuntan, dan tim support. Jangan lupa untuk melakukan orientasi dan pelatihan karyawan.
  2. Pengembangan Teknologi: Gunakan platform yang dapat digunakan untuk mendukung strategi manajemen perubahan Anda. Bersihkan data Anda dari data tidak berkualitas yang Anda miliki saat ini untuk mempermudah migrasi.
  3. Pengembangan Sumber Daya Tim: Buat solusi yang mengotomatiskan proses berulang sebanyak mungkin, sehingga Anda membebaskan waktu tim dan meningkatkan semangat kerja

Tahukah Anda bahwa Sales1 CRM telah memiliki fitur dan tim yang sudah mencakup 3 poin di atas. Dimana sistem CRM kami dapat diatur untuk memberikan akses kepada tim Anda di seluruh departemen yang berhubungan dengan prospek dan pelanggan. Sales1 CRM merupakan penyedia sistem CRM berbasis cloud yang akan selalu mendapatkan pembaruan untuk pengembangan teknologi dan menjamin kenyamanan dan kepuasan pelanggan-pelanggan kami. Kami juga memiliki tim pengembangan yang berpengalaman untuk memastikan CRM yang Anda gunakan akan siap untuk seluruh tim Anda.