Return to site

CRM Indonesia 101: Ini Alasan Sales Membutuhkan & Harus Menggunakan CRM

· CRM di Jakarta,CRM Software,CRM Di Indonesia

Banyak sales yang meragukan untuk menggunakan sistem CRM yang diharuskan oleh perusahaan. Hal ini terjadi karena mereka menganggap CRM hanya akan memudahkan sales leader/sales manager dan tidak memberikan manfaat untuk tim sales. Padahal, anggapan ini sangat salah, karena CRM tidak hanya memudahkan sales manager tetapi juga sales itu sendiri.

Jika Anda seorang manajer mengalami kesulitan untuk membuat tim sales disiplin menggunakan sistem CRM, informasikan kepada mereka beberapa mengapa sistem CRM sangat membantu dan dibutuhkan oleh sales.

1. Informasi Kontak Prospek

Di masa lalu, ketika sales bertemu dengan prospek, mereka akan meminta kartu nama dan juga nomor telepon. Seiring perkembangan teknologi, dari nomor email dan kini dapat meminta berbagai macam akun sosial media profesional yang ia miliki. Menyimpan semua data ini tidak mudah, jika dulu harus disimpan pada buku kontak, kemudian berganti ke spreadsheet. Semua metode ini adalah metode tradisional. Dengan sistem CRM, informasi kontak dapat disimpan dalam satu tempat yang mudah untuk diakses. Anda tidak perlu membuat spredsheet harian, mingguan, bulanan untuk menyimpan data laporan hasil kerja Anda. Yang Anda butuhkan adalah hanya memasukkan data pada sistem CRM, dan semua sales dapat melihat informasi kontak prospek yang Anda dapatkan.

2. Menyimpan Catatan tentang Percakapan Sebelumnya dan Menetapkan Pengingat untuk Langkah Selanjutnya dalam Proses Penjualan

Dengan sistem CRM, Anda dapat menyimpan catatan penting yang didapatkan dari percakapan dengan prospek. Anda juga dapat membuat pengingat untuk melakukan proses lanjutan. Dengan demikian, sales tidak akan pernah melupakan apa yang dibahas dalam pertemuan analisis kebutuhan dengan prospek baru atau ketika mereka berjanji untuk menyampaikan proposal yang direvisi.

Sebaliknya, dengan metode tradisional, atau tanpa CRM Anda benar-benar dapat memantau setiap proses penjualan dan item tindakan prospek, maka Anda tidak dapat menghasilkan cukup kesepakatan. Bisakah ingatan Anda tetap terjaga jika saluran Anda bertambah?

Menyimpan riwayat akun yang komprehensif bisa sangat membantu saat Anda berkolaborasi dengan orang lain untuk membangun solusi dan bertukar pikiran untuk mencapai kesepakatan. Sistem CRM sangat membantu dalam mengelola alur kerja. Dengan sistem CRM Anda akan terbantu untuk menentukan langkah selanjutnya dengan prospek dan menetapkan pengingat untuk mengingatkan Anda tentang tenggat waktu yang tertunda untuk item tindakan Anda.

3. Memperbesar Peluang Kesepakatan Untuk Prospek Yang Belum Siap Melakukan Pembelian
Sebagian besar sales memiliki visi untuk mencapai target kesepakatan yang mereka tutup bulan ini atau kuartal ini. Jika itu bukan peluang besar, mereka tidak terlalu memikirkannya. Itu bagus untuk kuartal ini, tapi bagaimana selanjutnya? Dari mana kesepakatan itu akan datang?

Sales jangan hanya mengandalkan pemasaran untuk menjaga semua prospek. Tentu saja, pemasaran memiliki perannya sendiri, tetapi begitu juga seorang sales. Sistem CRM membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk mengatur panggilan di masa mendatang dan memelihara prospek jangka panjang. Banyak yang membuatnya mudah untuk membangun alur kerja email pemeliharaan prospek kustom yang dapat dirancang, dijalankan, dan dikelola sales.

4. Tidak Perlu Lagi Mempersiapkan Laporan Aktivitas Mingguan dan/atau Bulanan

Apakah Anda masih mengisi laporan aktivitas harian atau mingguan atau memperbarui perkiraan penjualan di spreadsheet Excel? Sistem CRM menawarkan cara yang lebih baik. Jika sales memasukkan catatan mereka dan memperbarui semua bidang data yang sesuai di CRM, maka manajemen selalu dapat mengakses informasi yang mereka butuhkan. Manajer tidak akan pernah meminta Anda untuk memperbarui hasil kerja Anda lagi.

5. Lakukan Lebih Banyak dalam Waktu Lebih Sedikit

Peningkatan produktivitas selalu menjadi salah satu manfaat yang dinyatakan dari alat CRM. Beberapa alat CRM mudah diintegrasikan dengan Outlook dan Gmail. Sales1 memiliki fungsi integrasi dengan beberapa tools yang dibutuhkan oleh sales termasuk email. Dengan demikian, Sales benar-benar dapat melakukan banyak aktivitas dengan ratusan prospek dalam sehari dan tidak pernah meninggalkan sistem email mereka dan semua aktivitas mereka disimpan di CRM. Selain itu, hal-hal seperti template email, repositori jaminan penjualan, fungsi perekaman panggilan, dan tautan manajemen kalender adalah fitur baru yang membawa produktivitas.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK