Return to site

CRM Indonesia 101: Perbedaan Customer Relationship Management (CRM) Dengan Customer Communication Management (CCM)

· CRM Software,CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia

Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah metode untuk menjaga komunikasi perusahaan dengan calon pelanggan dan juga pelanggan yang ada. Sistem CRM menjalankan kegiatan di berbagai bidang seperti pemantauan kontak, kinerja tim di kantor dan di lapangan serta administrasi penjualan. CRM terdiri dari pengumpulan dan juga evaluasi informasi pelanggan untuk tujuan meningkatkan hubungan perusahaan dengan pelanggannya, khususnya untuk meningkatkan retensi (pembelian ulang) pelanggan. Sistem CRM merupakan platform yang dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi prospek/pelanggan dari berbagai saluran komunikasi seperti obrolan, email, jejaring sosial, serta situs web perusahaan merupakan elemen penting dari CRM. Sumber informasi pelanggan ini membantu bisnis dalam menemukan lebih banyak wawasan tentang apa yang diinginkan pelanggan dan bagaimana mereka dapat memenuhi harapan tersebut. Ketika tim memaksimalkan proses dengan menjadikan hubungan sebagai landasan penjualan, tentunya proses ini akan menjadi lebih baik daripada Anda menawarkan produk kepada prospek tanpa memikirkan hubungan sebelum penjualan dan juga setelah penjualan. Semakin baik hubungan Anda dengan prospek dan pelanggan, maka proses untuk mencapai kesepakatan akan menjadi lebih cepat terealisasi.

Customer Communication Management (CCM) adalah metode untuk meningkatkan pembuatan, kapasitas penyimpanan, dan pengiriman komunikasi keluar perusahaan, yang biasanya terdiri dari pemberitahuan pembayaran dan penagihan bersama dengan pembaruan akun bersama dengan produk iklan dan pemasaran. Sementara sebagian besar komunikasi ini ditargetkan untuk pelanggan, CCM juga menangani komunikasi perusahaan dengan berbagai pemangku kepentingan lainnya seperti suplaier, rekanan, penyedia, serta organisasi yang mengatur.

Dari perbedaan di fungsi dan definisi yang kami jelaskan secara singkat di atas, mana yang paling penting untuk bisnis Anda? Perlu kami ingatkan kembali, kedua platform ini baik CRM dan CCM adalah platform yang berhubungan dengan interaksi antara perusahaan dengan prospek dan yang sudah ada, CRM serta CCM sangat terkait satu sama lain. CRM berkonsentrasi untuk menjaga komunikasi tersebut dengan memeriksa informasi pelanggan untuk meningkatkan retensi pelanggan serta pengembangan penjualan. Sebaliknya, CCM mendukung komunikasi pelanggan dengan serangkaian prosedur serta perangkat lunak/aplikasi. Jika Anda mengimplementasikan keduanya, tentu akan menjadikan proses penjualan, pemasaran, komunikasi dan hubungan Anda dengan pelanggan menjadi lebih maksimal.